KULIAH UMUM : MENGENAL INDUSTRI PENGOLAHAN MIGAS INDONESIA

Mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang mengikuti kuliah umum bertajuk “Mengenal Industri Pengolahan Migas di Indonesia” yang digelar pada hari Sabtu (7/11) bertempat di Kampus Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan A. Rendra Wachyand, S.ST., M.Si (Asset Manager PT. Pertamina RU III) sebagai pembicara.

Antusiasme MahasiswaAcara yang diikuti oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Pengolahan Migas semester 1 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan narasumber, untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang Industri Pengolahan Migas di Indonesia.

Dalam paparannya, A. Rendra Wachyand, S.ST., M.Si menjelaskan mengenai profil singkat PT. Pertamina RU III, jumlah kilang Pertamina beserta fungsinya, struktur dan kandungan crude oil (minyak mentah), sampai dengan uraian proses pengolahan migas dari proses penghilangan garam menggunakan desalter dilanjutkan dengan proses distilasi (pemisahan) berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan gas oil, bensin, diesel, minyak tanah, pelumas, lilin, dll. Mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, tampak dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber.