Audiensi Politeknik Akamigas Palembang ke PT. Pertamina EP Asset 2 Field Pendopo

Foto Bersama

Bertempat di ruang rapat SKK-Migas Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field di Komperta Pendopo, kedatangan Direktur Politeknik Akamigas Palembang (PAP), H. Muchtar Luthfie, S.H.,MM beserta rombongan disambut hangat oleh Field Manager, Ir. H. Ekariza, MM. beserta jajaran tim manajemen Pertamina Pendopo. Pertemuan yang berlangsung pada hari Senin, 12 Mei 2014 tersebut dilaksanakan dalam rangka silaturrahim dan menjajaki kerja sama dalam beberapa hal antara kedua instansi, selain dari kerja sama yang terjalin sebelumnya.

Pendopo field merupakan satu dari empat field di bawah naungan PT. Pertamina EP Asset 2 setelah reorganisasi dari Pertamina EP Region Sumatera dan saat ini merupakan produsen gas terbesar di lingkup Asset 2 dengan produksi harian mencapai 200 MMSCFD. PAP memiliki kedekatan psikologis dengan wilayah Pendopo Talang Ubi karena banyak mahasiswa PAP, khususnya Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas, berasal dari daerah ini dan sebagai lembaga pendidikan yang fokus di bidang energi, banyak masukan terkait kegiatan akademik yang dapat diperoleh dari para stakeholder di daerah penghasil migas ini. Memang sejak tahun 2007, Pertamina EP Asset 2 telah banyak membantu PAP diantaranya adalah ikut terlibat dalam penyusunan kurikulum Prodi Teknik Eksplorasi Produksi MIgas, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melaksanakan Kunjungan Lapangan, Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan Tugas Akhir (TA). Selain itu, beberapa personil Pertamina EP dalam kapasitas pribadi telah secara rutin mengasuh mata kuliah keahlian berkarya bidang migas sebagai tenaga pengajar luar biasa (dosen praktisi).

Dalam pertemuan tersebut, mendengarkan masukan dari manajemen Pendopo Field terhadap draft visi PAP 2014 hasil evaluasi internal sebagai tindak lanjut pasca visitasi tim asesor Akreditasi Institusi dari BAN-PT ke PAP belum lama ini. Melibatkan Pendopo Field selaku stakeholder industri migas dalam penyusunan visi, selain relevan dengan kaidah penyusunan visi yang memenuhi kriteria akreditasi, PAP juga meyakini bahwa dengan melibatkan pihak yang kompeten di bidang migas, visi yang jelas dan tepat dapat disusun. Visi akan menjadi pedoman bagi tataran di bawahnya, dari visi yang baik diharapkan akan menghasilkan road map, rencana strategis dan rencana kerja guna mewujudkan tata nilai PAP Petra 2025 (Professional, Terkemuka, Sejahtera).

Selain membahas visi dan misi, pertemuan tersebut juga membahas tentang tindak lanjut kerja sama program beasiswa, beasiswa tersebut mendapat respon yang baik dari Asset 2 namun masih menunggu legalitasnya. Rencananya, kesempatan meraih beasiswa tersebut akan diberikan kepada 10 orang mahasiswa kurang mampu yang berasal dari daerah operasi kerja Pertamina EP Asset 2 lebih tepatnya untuk 5 orang dari Prabumulih, 3 orang dari Pendopo dan 2 orang dari Jirak. Dalam klausul beasiswa tersebut, biaya pendidikan ke-10 orang tersebut selama di Politeknik Akamigas Palembang akan ditanggung oleh Pertamina.Materi kerjasama lain yang dibahas pada kesempatan tersebut antara lain adalah tentang bantuan hibah ataupun pinjam pakai peralatan dari Field Pendopo berupa peralatan operasi migas seperti well head, casing dan tubing dan peralatan lain – lain yang telah habis umur pakainya untuk dijadikan sebagai alat peraga di laboratorium PAP. Juga tentang kemungkinan kerja sama penyelenggaraan pelatihan untuk fresh-intake operator dengan Akamigas Competency Development Center (ACDC).

Pertemuan ditutup dengan apresiasi Direktur PAP terhadap komitmen Pendopo Field pada dunia pendidikan dan berharap agar kerja sama yang terjalin dapat terus ditingkatkan di masa yang akan dating.