Inspiring Talk Bersama Chairman Schlumber Indonesia

Foto Bersama SM-IATMI - Chairman Schlumberger Indonesia

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap meniti karir profesional di industri migas, Politeknik Akamigas Palembang selalu berupaya untuk memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang dunia industri migas kepada mahasiswa/i-nya. Hal ini tergambar dalam inspiring talk bertajuk “Tantangan di Industri Migas, Siapkah Generasi Muda?” yang digelar pada hari Kamis (20/3/14) bertempat di Gedung Patra Ogan Komperta Plaju dan dilaksanakan oleh mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang yang tergabung dalam Seksi Mahasiswa – Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (SM-IATMI). Dalam kesempatan ini, SM-IATMI Politeknik Akamigas Palembang mengundang Ahmad S. Yuniarto. – Chairman Schlumberger Indonesia sebagai pembicara.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang yang berasal dari program studi Teknik Analisis Laboratorium Migas, Teknik Pengolahan Migas,  Teknik Eksplorasi Produksi Migas, perwakilan dari SM-IATMI Universitas Sriwijaya, serta jajaran dosen beserta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Turut hadir, Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc. Acara yang dimulai dari pukul 09.00 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH.,MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Bapak Ahmad S. Yuniarto., untuk datang dan memberikan pencerahan mengenai perkembangan tantangan  industri migas di Indonesia.

Dalam paparannya, Ahmad S. Yuniarto memberikan gambaran yang gamblang mengenai profil perusahaan Schlumberger, industri migas terutama kegiatan hulu (eksplorasi dan eksploitasi), gambaran cadangan sumber daya energi Indonesia, pengembangan energi baru dan terbarukan seperti geothermal (panas bumi), sampai dengan tantangan ketahanan energi yang akan dihadapi Indonesia ke depannya. Schlumberger merupakan perusahaan di bidang services migas yang beroperasi di 80 negara dan mempunyai lebih 150.000 karyawan yang terdiri dari 140 kebangsaan. Saat ini, lebih dari 3800 orang berkebangsaan Indonesia bekerja sebagai tenaga profesional Schlumberger dan 900 diantaranya ditempatkan di luar Indonesia. Schlumberger telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1930 sampai dengan saat ini. Selain itu, beliau juga memberikan motivasi yang luar biasa kepada mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang mengenai pengembangan kualitas diri agar tidak mudah menyerah dalam mencapai cita – cita dan selalu berusaha sebaik mungkin. Mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang begitu antusias mengikuti acara ini, hal ini dapat dilihat dengan begitu banyaknya pertanyaan yang diajukan.

Akhirnya, acara ini ditutup dengan pemberian cindera mata kepada pembicara yang dilakukan langsung oleh Ketua Yayasan Karya Bangsa dan disaksikan oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang sekaligus foto bersama. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat membuka lebar wawasan mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang mengenai tantangan industri migas yang akan dihadapi oleh Indonesia di masa yang akan datang dan dapat memotivasi mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang untuk terus belajar serta meningkatkan kompetensi dan kreativitas dalam berinovasi sehingga kelak dapat turut membangun ketahanan energi Indonesia, tidak hanya terbatas pada pemenuhan produksi migas tetapi juga dalam hal penemuan cadangan baru dan pengembangan energi baru dan terbarukan.

Sumber : Sumeks