KULIAH UMUM : POTENSI CADANGAN BATUBARA INDONESIA & GAMBARAN UMUM KEGIATAN PERTAMBANGAN BATUBARA

Politeknik Akamigas Palembang terus memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang industri batubara kepada mahasiswa/i. Hal ini tergambar dalam kuliah umum bertajuk “Potensi Cadangan Batubara Indonesia dan Gambaran Umum Kegiatan Pertambangan Batubara” yang digelar hari Jum’at (9/10) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan dua narasumber sekaligus yaitu : Anton Sujarwo, S.T (Project Manager PT. Baturona Adimulya) dan Heri Yuwono, S.T (Marketing and Operasional Support Manager for Mining PT. Ulima Nitra).Paparan Materi

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara semester 1 dan 3 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan narasumber untuk datang dan memberikan materi kuliah umum mengenai gambaran umum industri tambang batubara dan potensi cadangannya.

Dalam paparannya, Anton Sujarwo, S.T memberikan gambaran yang gamblang mengenai proses terbentuknya batubara dan kegunaannya, sumber daya dan cadangan batubara Indonesia, kompetensi dasar tenaga teknis dalam bidang batubara, dan profil dari PT. Baturona Adimulya. Selanjutnya, Heri Yuwono, S.T menjelaskan tentang Business Process Coal Mining Contractors dan profil dari PT. Ulima Nitra.. Mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat kuliah berlangsung.

Peserta Kuliah Umum

Kuliah umum yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk mahasiswa/i baru Prodi Teknik Pertambangan Batubara ini, bertujuan memberikan wawasan mengenai gambaran dunia tambang, khususnya tambang batubara sehingga dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa/i baru Prodi Teknik Pertambangan Batubara agar dapat meningkatkan kemampuan serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan batubara.