KULIAH UMUM SKK MIGAS : Hulu Migas Goes To Campus

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) menggelar Kuliah Umum bertajuk “Hulu Migas Goes To Campus” di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe Komperta Plaju, pada hari Kamis (16/11). Ini merupakan program kegiatan yang dilaksanakan oleh SKK Migas di 40 kampus yang ada di seluruh Indonesia. Politeknik Akamigas Palembang menjadi salah satu kampus yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan ini. Pada kesempatan ini, rombongan SKK Migas yang hadir dipimpin langsung Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel (Tirat Sambu Ichtijar) disambut langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, Amiliza Miarti, S.T., M.Si beserta dengan jajaran Wakil Direktur dan Ketua Program Studi.

Adapun yang menjadi narasumber pada kuliah umum kali ini adalah Tirat Sambu Ichtijar ( Ka. Perwakilan SKK Migas Sumbagsel), Achmad Syamsu Rizal Asir (Praktisi Hulu Migas), dan Godfried Simanungkalit (Analyst of Learning and Development PT. Medco EP Indonesia). Acara yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i tingkat 1 Politeknik Akamigas Palembang ini dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Ka. Perwakilan SKK Migas Wilayah Sumbagsel menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang, “Baru kali ini saya menjadi pembicara kuliah umum dengan prosesi seperti ini, semangat dan antusias mahasiswa benar-benar terasa” ungkapnya. Direktur Politenik Akamigas Palembang, Amiliza miarti, S.T., M.Si mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada SKK Migas yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang untuk menimba ilmu langsung dari praktisi hulu migas. “Kami sangat senang, mahasiswa/i dapat menimba ilmu langsung dari praktisi hulu migas dan mendapatkan hibah buku-buku referensi mengenai industri hulu migas.” Kata Amiliza di sela-sela sambutannya. Terpisah, Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc.,  sangat mengapresiasi kegiatan ini “Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada SKK Migas telah mempercayakan pelaksanaan kegiatan ini kepada Politeknik Akamigas Palembang, tentunya ini akan membuka wawasan mahasiswa/i tentang industri hulu migas” tuturnya.

Pembicara pertama, Achmad Syamsu Rizal Asir, menjelaskan secara gamblang mengenai gambaran secara umum industri hulu migas Indonesia, kondisi cadangan migas di Indonesia, gambaran proses eksplorasi dan eksploitasi sampai dengan proses produksi. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua, Tirat Sambu Ichtijar, yang menjelaskan mengenai peranan dari SKK Migas dalam pengelolaan industri hulu migas Indonesia, regulasi – regulasi terkait pengelolaan industri hulu migas, sampai dengan pengertian dari perusahaan K3S dan prosedur perizinannya. Terakhir, Godfried Simanungkalit memberikan pengenalan profil PT. Medco EP Indonesia sebagai salah satu perusahaan hulu migas, prospek karir yang ada di perusahaan migas, serta kompetensi yang dibutuhkan untuk dapat berkarir di perusahaan migas. Mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang tampak begitu antusias mengikuti kuliah umum ini.

Akhirnya, acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberian doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan narasumber. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memberikan wawasan mengenai gambaran dunia migas khususnya kegiatan perminyakan hulu dan bisnis migas pada mahasiswa/i  Politeknik Akamigas Palembang.