KULIAH UMUM : UNDANG AHLI MEMBRAN DUNIA

“Memenuhi Kebutuhan SDM yang tersertifikasi dan berdaya saing tinggi di tingkat ASEAN” merupakan salah satu misi yang diemban oleh Politeknik Akamigas Palembang. Untuk mewujudkan misi tersebut, Politeknik Akamigas Palembang selalu berupaya untuk membekali mahasiswa/i dengan keahlian dan wawasan teknologi tentang dunia industri, khususnya bidang migas dan tambang batubara. Hal ini tergambar dari Kuliah Umum bertajuk “Ketahanan Energi Hari Ini dan Esok” yang diselenggarakan di Gedung Patra Ogan, Komperta Plaju pada hari Rabu (13/12). Pada kesempatan kali ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan seorang ahli membran dunia dan guru besar dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yaitu Prof. Dr. Ahmad Fauzi Ismail,FASc., CEng., MIChemE, General Manajer PT. Pertamina RU III (DJoko Priyono), General Manajer PT. Pertamina EP Asset 2 (Ir. H. Ekariza, MM) dan General Manajer PT. Bukit Asam yang diwikili oleh Manajer Perencanaan Jangka Panjang UPTE Tanjung Enim (Ir. Fajar Heriyadi Wisnugroho).


Kegiatan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang dan mahasiswa perwakilan dari seluruh kampus yang ada di kota Palembang ini dibuka langsung oleh Direktur Politenik Akamigas Palembang, Amiliza Miarti, S.T., M.Si. dan dihadiri oleh dosen dan staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Turut hadir Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc., dan Ketua Dewan Pertimbangan Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, S.H., MM. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan semua pembicara yang berkenan hadir untuk memberikan wawasan teknologi di bidang industri migas dan tambang batubara. “Ini adalah sebuah kesempatan berharga yang tidak boleh disia-siakan karena pembicara yang hadir hari ini adalah orang-orang hebat yang jadwalnya sangat padat tapi bersedia meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan kepada kita semua hari ini” pesan Amiliza kepada mahasiswa di sela – sela sambutannya. Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc., sangat mengapresiasi kegiatan ini, “Kami dari Yayasan sangat senang dan bangga karena Politeknik Akamigas Palembang dapat menghadirkan ilmuwan yang diakui dunia internasional dan pakar-pakar di bidang migas dan tambang batubara sebagai pembicara dalam kuliah umum ini” ungkapnya.


Pembicara pertama, Ir. H. Ekariza, MM., menjelaskan secara gamblang mengenai gambaran industri hulu migas, potensi cadangan minyak mentah yang ada di Sumatra Selatan, regulasi terkait eksplorasi dan eksploitasi migas, sampai dengan alur proses eksplorasi dan produksi migas. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua, Joko Triyono, yang menggambarkan proses pengolahan minyak mentah dan gas menjadi produk, teknologi yang digunakan untuk pengolahan migas, berbagai macam produk yang dihasilkan, dan alur proses kegiatan hilir secara umum. Di bidang batubara, Ir. Fajar Heriyadi Wisnugroho menjelaskan tentang kondisi energi saat ini, potensi batubara di Indonesia, peran PTBA dalam menunjang ketahanan energi nasional, pemanfaatan Coalbed Methane (CBM), dan rencana PTBA untuk energi terbarukan. Terakhir, mahasiswa diberikan wawasan mengenai pemanfaatan teknologi membran oleh Prof. Dr. Ahmad Fauzi. Dalam paparannya, Prof. Dr. Ahmad Fauzi, menjelaskan mengenai kegunaan dari teknologi membran terutama di bidang energi, pengolahan air, dan lingkungan. Semua peserta kuliah umum tampak begitu antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini tampak dari begitu banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada pembicara.


Akhirnya, acara ini ditutup dengan pemberian cendera mata kepada pembicara dan doorprize kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembicara. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat membuka wawasan mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang mengenai ketahanan energi Indonesia saat ini dan bersiap – siap untuk menghadapi tantangan industri energi di masa depan.