Petrocamp

A. Latar Belakang

Pada dasarnya organisasi secara sederhana dibentuk oleh orang-orang yang mempunyai gagasan dan tujuan yang sama.
Mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang terdiri dari individu-individu yang memiliki latar belakang ras, agama, golongan yang berbeda namun dengan adanya perbedaan tersebut tidaklah menjadi hambatan. Bahkan menjadi nilai tambah bagi kemajuan jurusan. Untuk itu kami merasa perlu dibentuknya dibentuknya suatu perhimpunan sebagai wadah yang menampung dan mengembangkan kreatifitas membina serta skill individu yang profesional. Sekaligus membangun kekompakan dan mempererat tali silaturrahmi antar angkatan.

Keinginan untuk menjalin relasi/hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi luar kampus baik dibidang akademis maupun nonakademis. Serta rasa keingintahuan yang besar terhadap dunia sumber daya energi mendorong kami untuk dapat beradaptasi.

Pada dasarnya sebagian besar aktifitas industri migas berada di lapangan. Sehingga memerlukan sumber daya manusia yang cerdas dan cekatan serta mempunyai loyalitas yang tinggi.

Politeknik Akamigas Palembang merupakan lembaga yang mendidik generasi muda dengan disiplin agar lebih berpotensi dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dan keutuhan bangsa. Disinilah peran PETRO CAMP yaitu memperkenalkan potensi alam dan pembinaan teknis yang mungkin tidak ditemukan mahasiswa di bangku kuliah serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

B. Maksud dan Tujuan

B.1. Maksud

  1. Menjalin ikatan antar mahasiswa – mahasiswi aktif maupun alumni Politeknik Akamigas Palembang Program Studi Teknik Pengolahan Migas yang mempunyai rasa kebersamaan untuk mencapi cita-cita bersama.
  2. Membangun kekompakan dan tali silaturrahmi antar angkatan.
  3. Berusaha menciptakan Mahasiswa yang bermental kuat , tangguh, memiliki kebersamaan tinggi, berani, bertanggungjawab, mempunyai semangat korps dan mandiri, serta loyalitas tinggi terhadap organisasi agar dapat diaplikasikan ke dalam dunia kerja.

 

B.2. Tujuan

  1. Sebagai wadah yang menampung dan mengembangkan kreatifitas serta membina skill individu yang profesional di bidang sumber daya energi.
  2. Menjalin relasi/hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi luar kampus baik dibidang akademis maupun nonakademis di bidang sumber daya energi melalui Program Studi Teknik Pengolahan Migas.
  3. Menjadikan pusat informasi tentang perusahaan-perusahaan dan instansi instansi luar kampus bidang sumber daya energi.
  4. Sebagai pelaksana kegiatan dalam bidang penelitian dan pengembangan.

 

C. Visi dan Misi

C.1. Visi

Menjadi suatu wadah untuk membentuk mahasiswa yang mandiri, berkualitas dan skill individu yang profesional di bidang sumber daya energi.

C.2. Misi

  1. Menjadikan teamwork sebagai dasar kekompakan yang dapat membangun kreatifitas dan skill individu yang profesional.
  2. Menjalin relasi/hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi luar kampus baik dibidang akademis maupun nonakademis dibidang sumber daya energi.
  3. Menjadi pusat informasi tentang perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi luar kampus dalam bidang sumber daya energi.

 

D. Nama dan Moto

D.1. Nama

Nama PETRO CAMP yang mepunyai filosofi arti: “petro” mempunyai arti minyak, sedangkan “camp” mempunyai arti tenda atau tempat bernaung. Jadi, PETRO CAMP merupakan komunitas mahasiswa jurusan minyak dan gas untuk bersama-sama menuju cita-cita.

D.2. Moto

Adapun motto dari PETRO CAMP adalah “High Quality Engineer”

 

E. Filosofi Makna Lambang

Makna Lambang:

  1. Perisai melambangkan Politeknik Akamigas Palembang Sebagai Naungan.
  2. Buku melambangkan Petrocamp sebagai organisasi akademis.
  3. Kuda laut melambangkan dunia migas yang digeluti.
  4. Arah mata angin melambangkan arah tujuan yang pasti.
  5. Lingkaran melambangkan ikatan kebersamaan.

 

F. Struktur Organisasi

Ketua Umum: Alpian Gustami

Wakil Ketua I: Defri Wahyudi
Wakil Ketua II: Leo Handoko
Sekretaris I: Reni Khomariyatul Pripuyah
Sekretaris II: Suhadi Azis
Bendahara: Rahmadika Andira

Divisi Informasi
Koordinator: Dicki Febrianto

Divisi Kegiatan Mahasiswa
Ketua: Subandrio
Wakil: Budi Ronatama S

Divisi Kegiatan Akademik
Ketua: Asril
Wakil: Okta Syahfrizal

Divisi Hubungan Masyarakat
Ketua: Efendi M Amir
Wakil: Roni Pratama S

Divisi Sponsor
Ketua: Shandi Egga
wakil II: Ferri Gunenda
Wakil II: Akbar Hidayah Putra