PELATIHAN TAMBANG BAWAH TANAH : Hadirkan Akademisi Kyushu University dan Tim Ahli MMR Japan Coal

Acara PembukaanProgram Studi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang kembali hadirkan Mitshui Matshushima Resources (MMR) Japan Coal dan Akademisi Kyushu University untuk memberikan “Pelatihan Software Kazemaru dan Teknologi Tambang Bawah Tanah” pada mahasiswa/i tingkat 3 dan 5 Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang. Ini merupakan bentuk komitmen dan upaya Politeknik Akamigas Palembang dalam rangka mempersiapkan tenaga ahli madya dibidang batubara yang profesional dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Pelatihan ini berlangsung selama 4 hari (8-11 Oktober 2013) yang dipimpin langsung oleh MMR Leader (Yoshihisa Shimoda) beserta 6 orang anggota tim, serta seorang Professor dari Kyushu University (Masahiro Inoue, Ph.D.). Kedatangan tim ini disambut oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang (H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M.) berserta jajaran Wakil Direktur dan Ketua Program Studi. Turut hadir pula, Ketua Yayasan Karya Bangsa (Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Direktur Politeknik Akamigas Palembang sangat mengapresiasi kedatangan tim ahli dari MMR Japan Coal dan Akademisi dari Kyushu University untuk memberikan Pelatihan dan kuliah bagi Mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang, khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Batubara. “Pelatihan ini merupakan sebuah opportunity berharga yang harus benar-benar dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk dapat menyerap semua  materi yang diberikan oleh pemateri yang merupakan tenaga expert bidang teknologi tambang batubara bawah tanah dari Jepang”. Ujar Muchtar Luthfie.

Praktek Penggunaan Software Kazemaru

Peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 111 orang, selain diikuti oleh mahasiswa Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang, juga mengundang beberapa mahasiswa Teknik Pertambangan Unsri dan Sekolah Tinggi Ilmu Teknik Prabumulih. Selama 4 hari, mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan Batubara tingkat 3 Politeknik Akamigas Palembang menerima materi yang berkaitan dengan teknologi tambang bawah tanah seperti teknologi ventilasi tambang bawah tanah, teknologi penggalian dan penyanggaan, teknologi pencegahan swabakar, dan lain-lain. Sedangkan mahasiswa tingkat 5 menerima materi teknologi ventilasi tambang bawah tanah, sekaligus mempraktekkan penggunaan Software Kazemaru (Software untuk mendesain jaringan ventilasi tambang bawah tanah). Adapun yang menjadi instrukturnya adalah penemu Software Kazemaru itu sendiri, Professor dari Kyushu University, Masahiro Inoue, Ph.D.

Akhirnya, setelah 4 hari pelatihan, kegiatan ini pun ditutup dengan prosesi pemberian cindera mata kepada para instruktur dari MMR Japan Coal yang dilakukan oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, pihak MMR Japan Coal yang diwakili oleh Yoshihisa Shimoda sangat berterima kasih atas dukungan dan kerja sama yang telah dilakukan selama ini. Semoga melalui pelatihan ini dapat memberikan bekal yang cukup pada mahasiswa tentang tambang bawah tanah agar dapat siap terjun di industri pertambangan batubara yang nantinya tidak hanya terbatas dengan sistem penambangan terbuka namun dapat berkembang menuju sistem penambangan bawah tanah. Oleh karena itu, harapannya kerja sama yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan secara berkesinambungan sehingga kegiatan ini dapat dilakukan rutin setiap tahunnya.