PELATIHAN TEKNOLOGI KESELAMATAN, LINGKUNGAN DAN PREPARASI BATUBARA TAMBANG BAWAH TANAH

Selasa 10 November 2015 Prodi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang untuk yang kesekian kalinya mengadakan “Pelatihan Teknologi Keselamatan, Lingkungan dan Preparasi Batubara Tambang Bawah Tanah”. Pelatihan ini menghadirkan Para Trainer dari Japan Oil Gas and Metal National Corporation (JOGMEC), Mitshui Matshushima Resources (MMR) dan Akademisi dari Kyushu University Japan yang akan mentransfer ilmu Teknik Penambangan Bawah Tanah kepada mahasiswa/i semester 3 Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang.

DSC_0382


Pelatihan yang diadakan selama 4 Hari (10-13 November 2015) dipimpin langsung oleh MMR Leader (Yoshihisa Shimoda) beserta 3 orang anggota tim, serta seorang Professor dari Kyushu University Japan (Prof. Kikuo Matsui, Ph.D. – Professor of Mining System Engineering).

Acara Pelatihan ini secara resmi dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M pada hari Selasa, 10 November 2015. Acara Pembukaan dihadiri jajaran Wakil Direktur dan Ketua Program Studi dan perwakilan dari Pusdiklat Minerba Kementerian ESDM RI yang dipimpin oleh Yudiana Hidayat, S.T., M.Eng.

redaksi acara foto3 k

DSC_0274Berbagai Materi Pelatihan mengenai Tambang bawah tanah yang merupakan aplikasi teknologi yang pernah diterapkan di Jepang diberikan kepada mahasiswa. Materi-materi itu meliputi, ventilasi tambang bawah tanah, gambaran umum tambang bawah tanah Jepang, pengolahan batubara, peralatan tambang bawah tanah, elektrikal tambang bawah tanah dan keselamatan kesehatan kerja Tambang bawah tanah. Pada akhir pelatihan para mahasiswa menjalani tes untuk mengevaluasi materi-materi pelatihan yang telah diberikan.

Pada hari Jum’at 13 November 2015, acara pelatihan ditutup secara resmi oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Pada pidatonya Direktur menyampaikan rasa terimakasih kepada jajaran instruktur dari MMR (Mr. SHIMODA, Mr. SATO, Mr. TOGAWA, Mr. KAWADA), Prof. kikuo Matsui, Ph.D dan para penerjemah, Santoso, Agus Ruslan dan Rominaldi yang telah mentransfer ilmu kepada Mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas. Direktur juga menyampaikan harapannya agar materi yang disampaikan dapat terserap dengan baik dan bermanfaat bagi mahasiswa dan Agar program pertukaran Ilmu ini dapat terus berlangsung kedepannya.