PEMBEKALAN DAN SERTIFIKASI AHLI K3 UMUM : ALUMNI SIAP TERJUN KE DUNIA KERJA

peserta-pembekalan-ak3

Usaha untuk mempersiapkan tenaga Ahli Madya Teknik di bidang migas dan batubara yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri terus-menerus diupayakan. Hal tersebut tercermin dari diadakannya Diklat Pembekalan dan Sertifikasi Kompetensi Ahli Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) Umum yang dilaksanakan oleh Politeknik Akamigas Palembang melalui Career Development Center  (CDC) bekerja sama dengan PT.Sases. Acara pembukaan  diklat tersebut telah dilaksanakan pada hari Senin  (22/8)  di kampus  Politeknik Akamigas Palembang yang diikuti calon alumni Politeknik Akamigas Palembang.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Kepala CDC Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik, S.T., Direktur PT. Safety Sumber Sukses, Dra. Ibtidayati, selaku PJK3, Kepala Seksi Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang, Ir. Firmansyah P. M.Si, Instruktur dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sahadi, S.T., MAB dan jajaran pengelola Career Development Center Politeknik Akamigas Palembang.

foto-bersama-4

Diklat  Pembekalan K3 dilaksanakan selama 130 jam pelajaran sebelum nantinya peserta dapat mengikuti uji kompetensi K3 yang dilaksanakan langsung oleh Direktorat K3 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI. Materi pembekalan yang diberikan merupakan materi aplikatif sebagai penunjang kompetensi ahli K3 meliputi : Undang – undang yang mengatur tentang K3, Dasar – Dasar K3, Kelembagaan dan Keahlian K3, Pengawasan K3 Penanggulangan Kebakaran, Pengawasan K3 Listrik, Pengawasan K3 Pesawat Uap, Pengawasan K3 Mekanik, Pengawasan K3 Konstruksi Bangunan, Praktek K3, dll. Dan pada akhir pembekalan, peserta akan melakukan uji kompetensi meliputi : ujian tertulis, ujian seminar/presentasi dan praktek inspeksi pada perusahaan yang telah ditentukan.

Kepala CDC Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik, S.T..dalam sambutannya saat pembukaan, mengatakan bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh Politeknik Akamigas Palembang. “Kegiatan pelatihan K3 ini dilaksanakan rutin setiap tahun dan telah memasuki angkatan yang ke-5.”,  Tutur Ali Malik.  Melalui kegiatan ini harapannya, dapat menambah added value bagi lulusan Politeknik Akamigas Palembang untuk dapat bersaing di dunia kerja terutama industri migas dan tambang batubara.

foto-bersama-3