PEMBEKALAN DAN SERTIFIKASI K3 MIGAS

Foto Bersama

Politeknik Akamigas Palembang terus berusaha mempersiapkan tenaga ahli madya di bidang migas yang handal dan kompeten. Hal ini dibuktikan dengan digelarnya Pembekalan dan Sertifikasi Kompetensi Ahli K3 Migas  yang berlangsung selama 5 hari (17-19/6 & 25-26/6). Kegiatan ini dilaksanakan di Politeknik Akamigas Palembang. Acara tersebut dibuka secara resmi pada hari Sabtu (18/6) di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe Komperta Plaju. Hadir dalam acara pembukaan tersebut, Ketua TUK Mandiri Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik, S.T didampingi oleh jajaran manajer TUK dan Praktisi K3 yang telah berpengalaman selama 30 tahun H. Athar Yusuf, SKM. selaku Instruktur

Pembekalan dilaksanakan selama 3 hari sebelum nantinya peserta akan mengikuti uji kompetensi Ahli K3 Migas  yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 Juni 2016. Peserta merupakan calon alumni (mahasiswa tingkat akhir) dan alumni Politenik Akamigas Palembang yang telah bekerja. Adapun tim penguji nantinya merupakan asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Materi pembekalan yang diberikan merupakan materi aplikatif sebagai penunjang kompetensi Ahi K3 Migas  meliputi : Penerapan SMK3, P3K, Undang – Undang, Standar & Peraturan K3, Identifikasi Bahaya Industri Migas, Work Permit, Safe Work Practice, Alat Pelindung Diri, Teori Kebakaran, APAR, Kesiapan Keadaan Darurat, Praktek menggunakan Multi Gas Detector, Sound Level Meter, dan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA).

Praktek Penggunan Multi Gas Detector

Praktik Penggunaan Multi Gas Detector

Ali Malik, S.T dalam sambutannya saat pembukaan menyampaikan bahwasanya Indonesia pada awal tahun 2016 telah memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), jadi sertifikat kompetensi merupakan harga mati yang harus dimiliki oleh setiap lulusan Politeknik Akamigas Palembang. Oleh karena itu, setiap peserta harus mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan serius agar siap saat mengikuti uji kompetensi nantinya.