POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG TEKEN PERPANJANGAN PERJANJIAN KERJASAMA DENGAN BALAI DIKLAT TAMBANG BAWAH TANAH

penandatanganan-perjanjian-kerjasama

Komitmen Politeknik Akamigas Palembang untuk mempersiapkan tenaga Ahli Madya Teknik di bidang migas dan batubara yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui perpanjangan perjanjian kerjasama yang telah dirintis sejak tahun 2008 antara Politeknik Akamigas Palembang dengan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT)  Pusat Pengembangan SDM Geominerba Kementerian ESDM RI. Penandatangan dilaksanakan pada hari selasa (9/8) di kampus Politeknik Akamigas Palembang.

Prosesi penandatangan perjanjian kerjasama dilakukan langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Pertambangan Batubara (Lina Rianti, S.T., M.T.) dan Kepala BDTBT (Bambang Priatna, S.T., M.T). Turut hadir dalam acara tersebut, Direktur Politeknik Akamigas Palembang (Amiliza Miarti, S.T., M.Si.), Ketua Dewan Pertimbangan Politeknik Akamigas Palembang (H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M.) beserta jajaran Wakil Direktur dan Ketua Program Studi Politeknik Akamigas Palembang. Sedangkan dari pihak BDTBT dihadiri oleh Kepala Seksi Program & Kerjasama (Indra Syahputra Lubis, S.T., M.T) beserta Widyaiswara dan staff.

foto-bersama-1

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang sangat mengapresiasi kunjungan BDTBT dan mengharapkan kiranya kerjasama yang sudah terjalin dapat semakin erat dan dapat ditingkatkan. “Banyak manfaat yang Kami dan mahasiswa dapatkan dari kerjasama yang telah dilakukan selama ini”, ujar Amiliza Miarti. Ibarat gayung bersambut, hal tersebut direspon positif oleh Kepala BDTBT yang memberikan kesempatan kerjasama yang luas dan terbuka bagi Politeknik Akamigas Palembang.

Penandatangan perjanjian kerjasama ini merupakan kelanjutan dari MoU yang sebelumnya telah ditandatangani antara Direktur Politeknik Akamigas Palembang dengan Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian ESDM RI. Adapun ruang lingkup kerjasama ini meliputi : Pelaksanaan diklat bidang Tambang Bawah Tanah bagi dosen dan mahasiswa, pembahasan kurikulum, penyusunan perangkat kediklatan, dosen tamu dalam kuliah umum/seminar/workshop, pelaksanaan  penelitian dan pengabdian masyarakat bidang Tambang Bawah Tanah, dan kegiatan lain yang dipandang perlu oleh kedua belah pihak.

foto-bersama-2

Selain penandatangan perjanjian kerjasama, juga dilaksanakan kuliah umum “Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan” yang disampaikan oleh Widyaiswara Muda BDTBT (Agus Yulianto, S.T., M.KKK.) dan dihadiri oleh mahasiswa Teknik Pertambangan Batubara. Diharapkan melalui perjanjian kerjasama ini dapat menciptakan sinergi antara Politeknik Akamigas Palembang dengan BDTBT untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang energi, khususnya tambang batubara bawah tanah.

Potensi tambang batubara yang besar di Sumatra Selatan menuntut sumber daya manusia yang kompeten, Politeknik Akamigas Palembang mengajak putra daerah Sumatra Selatan untuk bergabung dan siap terjun ke industri tambang, khususnya tambang batubara. Penerimaan Mahasiswa Baru sampai dengan 20 Agustus 2016. Tes tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2016.