Teknik Analisis Laboratorium Migas (Terakreditasi B)

Pendahuluan

Kebutuhan migas untuk mencukupi kehidupan manusia semakin meningkat. Sumber daya alam yang terbentang luas sampai saat ini masih belum dapat dimanfaatkan secara optimal dikarenakan SDM yang profesional dibidang migas. Salah satu contohnya provinsi yang kaya, Sumatera Selatan, yang memiliki slogan pembangunan potensi sumberdaya energi Sum-Sel, 2006. Potensi sumberdaya energi ini merupakan prioritas pembangunan yang akan dilakukan di Sumatera Selatan.

Politeknik Akamigas Palembang adalah salah satu perguruan tinggi yang merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional berdasarkam Pancasila dan UUD 1945, yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan profesional dalam mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengupayakan terapannya serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sesuai dengan kebutuhan pembangunan khususnya di bidang energi sebagai bagian dari suatu sistem masyarakat ilmiah yang bersifat universal.
Untuk mewujudkan hasil analisa yang akurat mengenai standar nilai diatas dibutuhkan tenaga ahli yang profesional yang pandai menganalisa dan mahir memanfaatkan teknologi yang digunakan untuk menganalisa minyak dan gas alam tersebut. Berdasarkan dari pemikiran itu, maka Politeknik Akamigas Palembang membuka peluang untuk menghasilkan SDM yang profesional di bidang Analisis minyak dan gas melalui program studi Teknik Analisis Laboratorium Migas.

Terakreditasi B

 

Visi
“Menjadi program studi unggul di bidang pengujian air dan limbah serta produk migas yang berdaya saing di tingkat ASEAN pada tahun 2020.”

Misi
Untuk mencapai Visi tersebut, maka program studi Teknik Analisis Laboratorium Migas Politeknik Akamigas Palembang mempunyai misi yang bertujuan untuk menyelenggarakan fungsi kelembagaan pendidikan tinggi dibidang keteknikan dengan rincian sebagai berikut:

  1. Melaksanakan Tridharma perguruan tinggi yang kontributif dan produktif.
  2. Menghasilkan ahli madya teknik yang tersertifikasi yang berdaya saing tinggi di bidang pengujian air dan limbah serta produk migas.
  3. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme civitas akademika dalam merealisasikan sistem penjaminan mutu.

 

Tujuan

Sebagai sumber implementasi dari pernyataan misi yang akan dicapai dalam jangka waktu satu sampai dengan lima tahun, dengan mempertimbangkan SDM dan kemampuan yang dimiliki, Program Analisis Laboratorium Migas merumuskan tujuan yang ingin dicapai yaitu sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses belajar dan mengajar yang profesional dan bermutu dengan SDM yang memadai dan bermutu dengan SDM yang memadai serta fasilitas yang mencukupi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu serta menyebarkan hasil penelitian kepada masyarakat.
  3. Mampu menghasilkan alumni yang memiliki kompetensi serta memiliki sertifikasi di bidang pengujian air dan limbah serta produk migas yang berdaya saing di tingkat ASEAN.
  4. Melaksanakan kerjasama dengan pemerintah maupun stakeholder terkait dalam peningkatan kualitas dan profesionalisme pengelola program studi Teknik Analisis Laboratorium Migas.

 

Struktur Organisasi dan Personalia


Ketua Prodi : Dian Kurnia Sari, S.T., M.T
Sekretaris Prodi : Adi Syahputra, S.Si., M.Sc.
Dosen Tetap : 1. Amiliza Miarti, S.T., M.Si
    2. Ineke Febrina A., S.T., M.Si
    3. Leni Legasari, S.Si., M.Si.
    4. Drs. Abdurrahman
Administrasi : Nyayu Septia Anggraini, S.E.

 

Kompetensi Lulusan

SDM yang akan diciptakan pada jurusan Teknik Analisis Laboratorium Migas adalah SDM yang profesional dibidang Migas. Alumni dapat bekerja pada bidang-bidang laboratorium pengujian air, pengujian crude oil, pengujian BBM penerbangan, BBM non penerbangan dan BBM khusus, pengujian pelumas, pengujian gas bumi, pengujian produk petrokimia, laboratorium riset dan pengembangan, laboratorium analisa gas dan pengujian serta laboratoirum ilmiah.