Teknik Eksplorasi Produksi Migas

Pendahuluan

Program studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas merupakan program studi yang mempersiapkan lulusannya menjadi tenaga profesional dibidang perminyakan hulu. Kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan daya dukung fasilitas yang mampu mengoprimalkan pengembangan skill mahasiswa, kegiatan kunjungan lapangan, praktikum dan pendalaman mata kuliah di lapangan secara berkala/semester dan dosen pengajar yang berasal dari akademis maupun praktisi (berasal dari perusahaan perminyakan dan pengeboran) dengan demikian diharapkan SDM yang dihasilkan adalah SDM yang memiliki kompetensi atau skill yang diinginkan oleh industri perminyakan hulu dan dapat langsung berkontribusi dalam memajukan perindustrian perminyakan nasional dan dunia.

Ruang Lingkup

Program studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas memiliki ruang lingkup yang bertujuan untuk menyiapkan SDM yang terampil dan kompeten dalam kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas dengan lapangan pekerjaan yang tersebar diseluruh Indonesia dan luar negeri.

Visi

“Menjadi Program Studi vokasional yang mendukung kepentingan nasional di bidang hulu migas dan berdaya saing di level ASEAN tahun 2022.”

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan yang tersertifikasi kompetensi di bidang hulu migas, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin dan berintegritas.
  2. Melaksanakan pengembangan ilmu melalui penelitian di bidang hulu migas yang relevan dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan industri migas nasional.
  3. Menerapkan keahlian teknik perminyakan secara aktif melalui pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, industri dan pihak terkait guna mengoptimalkan pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi.

Tujuan

  1. Terbentuknya lulusan yang memiliki sertifikat kompetensi juga ketakwaan, kedisiplinan dan integritas dengan kualifikasi yang relevan dengan kebutuhan industri hulu migas.
  2. Berperan serta aktif dalam mengembangkan hasil – hasil penelitian di bidang migas yang berpotensi tepat guna yang dapat dipublikasikan dan dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat industri migas nasional.
  3. Terwujudnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat di daerah yang memiliki sumber daya migas.
  4. Terwujudnya kualitas dan profesionalisme pengelola prodi TEPM dalam membina kerja sama dengan stake holder sehingga mampu mengoptimalkan Tridharma perguruan tinggi.

Fungsi

  1. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan program Diploma II dalam upaya menghasilkan profesional yang mampu menerapkan, mengembangkan atau menciptakan pengetahuan terapan, khususnya dibidang Teknik Eksplorasi Migas
  2. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan penelitian guna menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, taupun informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.

Struktur Organisasi dan Personalia

Ketua Prodi : Azka Roby Antari, S.T.
Sekretaris Prodi : Roni Alida, S.T.
Dosen Tetap : 1.   Ana Asmina, S.T., M.T
    2.   M. Ali Malik, S.T
    3.   Diky Pranondo, S.T.
    4.   Sefilra Andalucia, S.T., M.T.
    5.   Euis Kusniawati, S.T., M.T.
    6.   Hendra Budiman, S.Si
    7.   K. M. Faisal Reza, S.E.
    8.   KA. Azizi Noviansyah, S.H., M.H
    9.   Armi Antasari, S.Pd., M.Pd
    10. Yanti Juniarti, S.Pd
Administrasi : Dwi Ayu Andini, A.Md