Teknik Pengolahan Migas (Terakreditasi B)

Pendahuluan

Sektor energi berupa bahan bakar minyak (BBM) merupakan unsur yang sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari aktifitas baik dalam masyarakat sehari-hari, maupun kegiatan industri sebagai penggerak roda pembangunan yang berkelanjutan. Adanya kebijakan pemerintah daerah yang didukung oleh pemerintah pusat untuk menjadikan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Energi Nasional terutama minyak bumi dan gas disamping batubara. Implementasi dari program pemerintah Sumatera Selatan tersebut tentu saja perlu melibatkan peran berbagai pihak, tidak hanya dari pemerintah daerah tapi juga peran serta para praktisi dan akademisi.

Program studi Teknik Pengolahan Migas sebagai salah satu contoh program studi di lingkungan Politeknik Akamigas Palembang yang didirikan berdasarkan SK Mendiknas No: 224/D/O/2006 merupakan penyelenggaraan pendidikan yang berfungsi untuk mencetak dan mempersiapkan tenaga ahli, terampil dan spesifik bagi kepentingan dunia industri perminyakan dengan pembekalan ilmu pengetahuan yang disipakan untuk menghadapi tantangan perkembangan teknologi. Dalam upaya memenuhi sumber daya manusia yang terampil dan profesional dibidang pengolahan migas. Program studi Teknik Pengolahan Migas menyelenggarakan pendidikan program diploma tida dengan masa studi enam semester.

Terakreditasi B

Visi

“Menjadi program studi vokasional yang unggul dan memiliki daya saing di bidang Pengolahan Migas dalam tingkat ASEAN pada tahun 2020.”

Misi

  1. Menghasilkan ahli madya teknik yang tersertifikasi dan mampu bersaing di bidang Pengolahan Migas, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berdisiplin serta berintegritas.
  2. Mengembangkan penelitian terapan bidang pengolahan migas yang terkoordinasi dengan sistem Pressure Relieve Device serta pemanfaatan energi baru terbarukan bagi kepentingan masyarakat luas.
  3. Memberikan kontribusi dan kegiatan produktif bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang berwawasan lingkungan.
  4. Meningkatkan kualitas dan profesionalisme pengelolaan program studi dalam mengimplementasikan sistem penjaminan mutu.

 

Tujuan dan Fungsi

A. Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya teknik tersertifikasi yang terdidik dan terlatih serta memiliki bekal kemandirian untuk menerapkan iptek di bidang pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi utama dan penunjang lulusan juga bertakwa, disiplin dan berintegritas.
  2. Meningkatkan daya kreatifitas dan inovasi dosen dan mahasiswa dalam menggali serta mengembangkan penelitian terapan bidang pengolahan migas yang terkoordinasi dengan sistem Pressure Relieve Device serta bentuk energi baru terbarukan, dan pengelolaan lingkungan di sekitar industri maupun pemanfaatan energi yang sesuai dengan konsep keilmuan di bidang migas.
  3. Meningkatkan kemampuan berbuat dan bersikap positif dosen dan mahasiswa dalam menyampaikan informasi dan teknologi untuk menerapkan iptek secara arif dan bijaksana bagi industri migas maupun masyarakat yang terkait.
  4. Melaksanakan kerjasama dengan pemerintah maupun stake holder terkait dalam mengoptimalkan potensi migas, maupun peningkatan kualitas dan profesionalisme pengelola program studi Teknik Pengolahan Migas.

B. Fungsi

  1. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan Diploma III dalam upaya menghasilkan SDM dibidang Teknik Pengolahan Migas.
  2. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan penelitian guna menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, atau informasi baru yang memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Struktur Organisasi dan Personalia

Ketua Prodi : Sri Ardhiany, S.T.
Sekretaris Prodi  : Ahmad Faisal F., S.T., Me.Eng.
Dosen Tetap : 1. Ir. H. Abdul Hamid
    2. Aliyah Shahab, S.T., M.T
    3. Sri Hartati, S.E.
    4. Reni Anggraini, S.T., M.T
    5. Agusdin, S.T., M.T.
Administrasi : Ria Anggun Sari, A.Md

 

Kompetensi Lulusan

Setelah selesai mengikuti program pendidikan ini diharapkan lulusan mempunyai kemampuan dan keterampilan antara lain: teknisi lapangan di oil plant, teknisi lapangan di gas plant, teknisi lapangan di pabrik LPG, teknisi lapangan di pabrik LNG dan teknisi lapangan di unit refinery.