SENIOR VICE PRESIDENT PT. PERTAMINA EP BERI KULIAH UMUM MAHASISWA

suasana-acara

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap berkarir sebagai professional di industri migas, Politeknik Akamigas Palembang selalu berupaya untuk memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang dunia industri migas kepada mahasiswa/i-nya. Hal ini tergambar dalam kuliah umum bertajuk “Industri Perminyakan Hulu dan Tantangannya di Masa Mendatang” yang digelar pada hari Rabu (5/10) bertempat Gedung Patra Ogan Komperta Plaju. Dalam kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang mengundang Ibu Meidawati – SVP Upstream Strategic Planning & Operation Evaluation PT. Pertamina (Persero) dan juga sekaligus Komisaris PT. Pertamina EP sebagai pembicara.

Acara yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang dan perwakilan universitas se-Sumatera Selatan ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang –  Amiliza Miarti, S.T., M.Si dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Ibu Meidawati., untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang gambaran industri migas, khususnya bidang perminyakan hulu. Turut hadir dalam kegiatan ini, General Manager PT. Pertamina EP Asset 2, Ir. H. Ekariza, M.M, General Manager PT. Pertamina RU III yang diwakili oleh Manajer Hupmas (Suandy Irianto), Direktur PT. PDSI yang diwakili oleh Manajer HR (Nasril Chan), Ketua Yayasan Karya Bangsa, Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc., Ketua Dewan Pertimbangan Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M, dan perwakilan dari SKK Migas (Darwensi)

antusiasme-mahasiswa

Dalam paparannya, Ibu Meidawati. memberikan gambaran yang nyata mengenai kegiatan hulu migas (eksplorasi dan eksploitasi) juga mengenai kegiatan hilir migas (pengolahan, transportasi, dan niaga). Selanjutnya beliau juga menjelaskan bagaimana tantangan yang dihadapi oleh industry migas nasional dalam upaya pemenuhan kebutuhan akan energi fosil. Menurut Narasumber pada saat ini PT. Pertamina sebagai perusahaan energy kelas dunia telah melakukan berbagai upaya dalam menjaga stabilitas produksi migas, seperti pengaplikasian metode EOR pada berbagai lapangan yang dikelola oleh Pertamina. Para Peserta nampak begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat sesi tanya jawab. Sehingga Ibu Meidawati dalam jawaban atas pertanyaan peserta juga menjelaskan tentang regulasi bidang migas (UU No.22 Tahun 2001), bagi hasil migas, regulasi mengenai sumur tua, sampai dengan prospek kerja dunia migas. Lebih lanjut dia menjelaskan industri migas merupakan kegiatan yang strategis dan vital yang memberikan manfaat besar bagi pembangunan nasional dan daerah sehingga diharapkan peran serta semua pihak untuk mendukung agar kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas dapat berlangsung dengan lancar.

dsc_0343

Akhirnya, acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pembicara yang dilakukan langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memberikan wawasan mengenai gambaran dunia migas khususnya kegiatan perminyakan hulu-hilir dan bisnis migas pada mahasiswa/i  Politeknik Akamigas Palembang.