TANYA-JAWAB SEPUTAR PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Halo pembaca, semoga kabar anda selalu dalam keadan yang selalu sehat dan kesuksesan selalu menjadi milik anda.

Oya, tulisan kali ini kami terbitkan setelah beberapa waktu yang lalu banyak sekali pengunjung website dan media sosial resmi dari Politeknik Akamigas Palembang memberikan pertanyaan seputar pendaftaran, syarat-syarat menjadi mahasiswa, biaya kuliah sampai sistem perkuliahannya. Baiklah, kami akan mencoba untuk menjawab berbagai pertanyaan yang sudah masuk ke kami. Semoga dapat membantu memberikan penjelasan kepada anda semua.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering sekali ditanyakan oleh para pengunjung.

Tanya: Berapa biaya perkuliahan di Akamigas sampai selesai?

Jawab: Sistem pembiayaan di Akamigas itu menganut sistem paket. Artinya, semua biaya yang kita bayarkan adalah biaya yang sudah mencakup semua kebutuhan primer dari proses belajar dan mengajar di Akamigas. Mulai dari perlengkapan kuliah: seragam, sepatu, topi, helm, pakaian wearpack, sepatu safety dan juga kunjungan ke industri migas atau batubara. Besarnya biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa Akamigas sangat tergantung dengan jurusan program studi yang dipilih..

Tanya: Apakah biaya kuliah di Akamigas bisa dicicil?

Jawab: Bisa, dan jumlah cicilan serta besarnya sudah diatur agar mudah untuk dibayar.

Tanya: Jika belum mendapatkan ijazah dan surat-surat kelulusan yang lain, apa yang mesti dilampirkan untuk mendaftar?

Jawab: Cukup dengan foto dan surat keterangan lulus dari pihak sekolah. Setelah surat-surat kelulusan tersebut keluar, baru dilampirkan/disusulkan sebagai lampiran kelengkapan.

Tanya: Apakah ada ikatan dinas di Akamigas?

Jawab: Tidak ada. Karena, jika Akamigas membuat suatu aturan ikatan dinas maka setelah mengikuti perkuliahan di Akamigas mahasiswa yang bersangkutan akan sulit untuk berkembang secara karir karena disebabkan oleh keterikatan dinas. Jika mahasiswa tersebut ditawari bekerja ditempat lain dengan tingkat kesejahteraan lebih besar dua atau tiga kali lipat dari tempat dia bekerja yang sesuai dengan ikatan dinas, maka kesempatan itu akan sangat sulit didapat karena sudah terlanjur ada ikatan dinas.

Tanya: Apakah setelah lulus dari Akamigas akan langsung masuk Pertamina?

Jawab: Akamigas bukan institusi pendidikan milik Pertamina. Jadi tidak ada jaminan setelah lulus dari Akamigas akan langsung diterima oleh Pertamina. Tapi jika mengikuti tes seleksi masuk Pertamina dan anda lulus tentunya itu suatu kewajaran.

Tanya: Apakah Akamigas sudah mendapatkan Akreditasi?

Jawab: 2012 ini kita menargetkan segera mendapatkan sertifikasi Akreditasi. Karena syarat dasar untuk mendapatkan Akreditasi itu, minimal sebuah perguruan tinggi sudah memiliki alumni 2 angkatan wisuda. Dan akamigas sudah memenuhi untuk itu.

Tanya: Apakah setelah lulus dari Akamigas akan langsung bekerja?

Jawab: Begini, langsung atau tidak-nya anda bekerja sangat tergantung anda sendiri. Perlu diingat bahwa kebutuhan SDM dibidang energi sangat besar dan SDM yang kualifikasi dalam bidang tersebut masih sangat sedikit. Jika kesempatan berkarir jauh lebih besar dari pada SDM yang ada maka jika memiliki antusias, minat, semangat untuk berkaris maka bisa dipastikan anda belum lulus dari Akamigas sudah mendapat tawaran berkarir. Dan itu sudah banyak terjadi di lingkungan mahasiswa Akamigas.

Tanya: Mengapa hanya lulusan IPA yang baru bisa diterima di Akamigas?

Jawab: Untuk saat ini, program studi dan kurikulum yang ada di Akamigas berlatar belakang IPA. Untuk lulusan IPS, akan segera kita tampung dan saat ini sedang kita rancang sistem kurikulum untuk anak-anak dari lulusan IPS. Dan pastinya, prospek kerjanya nanti juga akan berbeda dengan anak-anak IPA tapi tetap memiliki potensi karir yang sama.

Tanya: Apakah berkuliah di Akamigas harus berambut pendek?

Jawab: Harus. Ini sangat beralasan karena, didunia tambang energi bagi laki-laki wajib berambut pendek. Ini berkaitan dengan keselamatan kerja. Jika rambunt panjang akan membahayakan keselamatan dari semua orang. Rambut tersebut dapat memicu kecelakaan yang bisa terjadi jika rambut tersebut tergulung kedalam rotor atau mesin atau propeler atau turbin atau segala sesuatu yang dapat mengakitbatkan kematian. Untuk perempuan, potongan rambut harus diatas bahu. Bagi yang mengenakan jilbab, tidak menggunakan jilbab yang terlalu panjang.

Tanya: Apakah yang beragama non muslim bisa mengikuti perkuliahan di Akamigas?

Jawab: tentu bisa, karena Akamigas juga memberikan mata kuliah keagamaan sesuai dengan agama yang dianut.

Tanya: Kalau mata minus apakah bisa berkuliah di Akamigas?

Jawab: Bisa, asal tidak buta warna apalagi buta beneran. Dan kedua matanya lengkap, tidak juling atau buta salah satunya terlebih lagi buta dua-duanya. Atau mengidap penyakit mata seperti katarak.

Tanya: Apakah tinggi badan menjadi syarat utama?

Jawab: Yang penting proporsional. Jangan sampai tinggi badan anda tidak rasional. Misal, berat badan anda 90 KG tapi tinggi badan anda cuma 100 CM. Itu gak wajar aja. Asalkan, gerak tubuh, keleluasaan anda dalam beraktifitas sinkron antara tinggi dan berat badan.

Tanya: Apakah di Akamigas memiliki program jalur prestasi seperti PMDK atau jalur nilai terbaik?

Jawab: Akan segera kita realisasikan.

Tanya: Penyakit apa saja yang tidak boleh diidap agar bisa lulus di Akamigas?

Jawab: Penyakit yang mematikan, membahayakan dan merepotkan orang lain. Contoh: HIV/AIDS, Kanker, Tumor, Jantung bocor, kelainan otot Jantung, TBC, Epilepsi, sakit jiwa. Termasuk didalamnya penyakit kejiwaan seperti: kleptomania.

Tanya: Kondisi kesehatan seperti apa yang menjadi syarat kelulusan di Akamigas?

Jawab: Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik (termasuk tidak pincang atau kelainan bentuk tubuh atau cacat permanen), tidak mengidap penyakit menular dan membahayakan serta mematikan, tidak bertindik (bagi laki-laki), tidak bertato (bagi laki-laki dan perempuan), bebas narkoba, bebas kasus hukum, belum menikah, tidak hamil (bagi perempuan).

Tanya: Apakah di Akamigas memiliki program beasiswa?

Jawab: Tentunya ada. Dan beasiswa yang diberikan akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing siswa yang berprestasi.

Demikianlah beberapa rangkuman pertanyaan yang paling sering ditanyakan kepada kami. Semoga dapat memberikan kepuasan bagi anda. Jika masih ada yang belum jelas, silakan bertanya langsung dengan para petugas kami melalui fasilitas LIVECHAT yang kami sediakan di website ini. Sampai jumpa..

Salam akamigas