TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARA TERAKREDITASI B, GILIRAN TEKNIK EKSPLORASI PRODUKSI MIGAS YANG AKAN SEGERA MENYUSUL

Politeknik Akamigas Palembang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan akademik, dari segi infrastruktur Politeknik Akamigas Palembang telah membangun gedung kampus baru yang berlokasi di Jl. H.A. Bastari, Jakabaring – Palembang. Fasilitas gedung baru tersebut telah aktif digunakan untuk proses perkuliahan prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas dan Teknik Pertambangan Batubara sejak Oktober 2016. Dari segi akreditasi, Politeknik Akamigas Palembang telah terakreditasi institusi sejak tahun 2014. Persiapan re-akreditasi program studi telah dilakukan sejak setahun yang lalu. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mengirimkan tim asesor untuk melakukan visitasi prodi Teknik Pertambangan Batubara dan Teknik Eksplorasi Produksi Migas.

 

Visitasi program studi Teknik Pertambangan Batubara telah dilakukan pada tanggal 28 – 29 November 2016 lalu. Proses visitasi berjalan lancar dan sekarang Prodi Teknik Pertambangan Batubara telah Terakreditasi B. Sedangkan Teknik Eksplorasi Produksi Migas baru saja divisitasi pada tanggal 8 – 9 Maret yang lalu. Kedatangan Tim Asesor BAN-PT yang terdiri dari Dr. Eng. Ir. M. Ramli, M.T (Universitas Hasanuddin – Makassar) dan Dr. Ir. Harry Budiharjo S., M.T. (Universitas Veteran Nasional – Yogyakarta) disambut langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, Amiliza Miarti, S.T., M.Si. bersama dengan jajaran wakil direktur dan ketua prodi terutama Prodi Teknik Eksplorasi dan Produksi Migas, Azka Roby Antari, S.T. Tim asesor langsung meninjau kondisi laboratorium praktikum, perpustakaan, dan fasilitas lainnya. Kemudian melihat langsung proses perkuliahan yang berlangsung di Kampus Jakabaring, dilanjutkan dengan pengecekan borang dan mendengarkan presentasi yang disampaikan oleh Ketua Program Studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas.

Secara keseluruhan, prosesi visitasi berjalan lancar dan hampir semua aspek terpenuhi berdasarkan 7 standar yang ada dalam borang, baik itu borang pengelola maupun borang prodi. Harapannya Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas dapat mengikuti jejak Prodi Teknik Pertambangan Batubara, Terakreditasi Minimal B.