Verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Politeknik Akamigas Palembang

Foto Bersama

Salah satu bentuk komitmen Politeknik Akamigas Palembang untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berkompeten di bidang migas adalah membekali mahasiswa/i dengan skill dan wawasan yang luas tentang industri migas , baik secara teoritis di dalam kelas, praktek lapangan (fiekd trip) maupun pembekalan dan sertifikasi kompetensi. Politeknik Akamigas Palembang telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang mempunyai beberapa skema sertifikasi kompetensi. Politeknik Akamigas Palembang juga menyelenggarakan pembekalan dan sertifikasi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Umum bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Selain itu, Politeknik Akamigas Palembang juga mengadakan Sertifikasi K3 Migas bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan LSP LSK-K3 ICCOSH.

Untuk mewujudkan hal tersebut (baca : Sertifikasi K3 Migas), Politeknik Akamigas Palembang telah mengajukan permohonan pembentukan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri kepada BNSP dan LSP LSK-K3 ICCOSH. Permohonan pembentukan TUK Mandiri Politeknik Akamigas Palembang mendapatkan sambutan positif dari BNSP, hal ini terbukti dengan adanya proses visitasi dan verifikasi oleh BNSP dan perwakilan LSP lSK-K3 ICCOSH yang berlangsung pada hari Selasa (31/5) bertempat di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe Komperta Plaju. Kedatangan auditor BNSP diwakili oleh Alpisyahrin, S.H (Asesor BNSP) didampingi oleh Wizal Putra (perwakilan LSP LSK-K3 ICCOSH) yang disambut langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, Amiliza Miarti, S.T., M.Si beserta jajaran wakil direktur. Adapun tujuan dari proses visitasi tersebut adalah untuk melihat secara langsung TUK Politeknik Akamigas Palembang, mengecek peralatan yang digunakan, dan memverifikasi serta memvalidasi dokumen yang berhubungan dengan sertifikasi K3 Migas. “Politeknik Akamigas Palembang telah mempunyai modal yang cukup untuk membentuk TUK Mandiri. Dokumen, peralatan yang digunakan, dan tempat uji kompetensi telah cukup memadai sehingga dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya” tutur Alpisyahrin di sela – sela visitasi.

Dengan adanya TUK mandiri Politeknik Akamigas Palembang ini, diharapkan dapat menjadi sarana fasilitas bagi mahasiswa/I untuk dapat membekali diri dengan skill yang dibuktikan dengan sertifikat sehingga dapat bersaing di industri migas nantinya.