CLOSING DIKLAT PERTAMBANGAN BATUBARA (OPEN PIT COAL MINING TRAINING) ANGKATAN IV GELOMBANG III PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARA

Diklat Pertambangan Batubara (Open Pit Coal Mining Training) Angkatan IV Gelombang III adalah Diklat yang dilaksanakan bagi Mahasiswa Semester 1 Kelas B di Program Studi Teknik Pertambangan Batubara Jurusan Teknik Pertambangan Politeknik Akamigas Palembang. Diklat ini diikuti oleh 23 orang mahasiswa dengan didampingi dosen dan pendamping ibu Siti Hardianti, S.T., M.T. dan bapak Alamsyah, S.E.

Peserta berangkat dari Palembang pada Sabtu malam pukul 20.30 WIb dan tiba di Bandung pukul 08.20 WIB. Diklat ini dilaksanakan secara online pada tanggal 25 s.d. 26 Maret 2021 dan dilanjutkan dengan diklat secara offline di PPSDM Geominerba Bandung dari tanggal 29 s.d. 31 Maret 2021. Kegiatan secara offline pada hari pertama 29 Maret 2021 langsung diisi dengan materi 1 tentang Eksplorasi Batubara oleh ibu Mirna Mariana, S.T., M.T.. Setelah itu, dilanjutkan dengan materi 2 tentang Peledakan Batubara pada Pertambangan Batubara oleh bapak Yudiana Hadiyat, S.T., M.Eng.. Pada hari kedua Selasa, 30 Maret 2021 dilaksanakannya Visite Site ke salah satu tambang Kuari Tambang Batuan Andesit di Purwakarta Jawa Barat di PT Nusantara Swadesi Mining didampingi bapak bapak Revi Timora Salajar, S.T., M.T., ibu Herlinawati, S.T., M.T. untuk melihat Gudang Handak dan mengamati kegiatan Peledakan di lokasi tambang. Disini mahasiswa melihat secara langsung aktifitas pengeboran, loading bahan peledakn, perangkaian peledakan dan blasting pada batuan. Setelah selesai kegiatan peledakan, mahasiswa dibawa kunjungan ke Perpustakaan PPSDM Geominerba di lantai 3Di hari terakhir hari ketiga Rabu, 31 Maret 2021 peserta melanjutkan materi 3 tentang Reklamasi Pascatambang dengan widyaiswara ibu Herlinawati, S.T., M.T.. Siang harinya dilanjutkan dengan post test dan evaluasi kegiatan. Kemudian dilanjutkan penyampaian pesan dan kesan dari peserta.

Pada sesi akhir dilkukan penutupan secara resmi oleh panitia penyelenggara yang dihardiri oleh bapak Basuki Rahmat selaku Sub Koordinator Sarpras dan Informasi, bapak Hermansyah selaku Sub Koordinator Penyelenggara, bapak Abdul Majid selaku Penanggungjawab Acara dan Team serta Dosen Pendamping ibu Siti Hardianti, S.T., M.T. dan bapak Alamsyah, S.E.. Setelah itu, dilakukan foto bersama penyelenggara dan peserta. Kemudian peserta kembali menuju Geowisata untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan ke Palembang pada Kamis, 1 April 2021.

Foto Bersama Penyelenggara, Pendamping dan Peserta Diklat

Sampai berjumpa kembali pada DIKLAT berikutnya.

Salam Akamigas