DOSEN POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG MENJADI ASESOR NASIONAL BIDANG MIGAS DAN PERTAMBANGAN BATUBARA

Foto Bersama

Politeknik Akamigas Palembang terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan, hal ini sesuai dengan visi Politeknik Akamigas Palembang yaitu Menjadi penyelenggara pendidikan tinggi vokasional yang handal dan kompetitif di bidang energi untuk memenuhi kebutuhan industri. Untuk mewujudkan hal tersebut, Politeknik akamigas palembang membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang migas dan pertambangan batubara dan dalam rangka pembentukan LSP bidang migas dan pertambangan batubara tersebut, dosen Politeknik Akamigas Palembang mengikuti Sertifikasi Kompetensi Asesor yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bekerjasama dengan PT. Tritama Olah Profesindo selama 5 hari (10 – 14 Februari) di Hotel Aryaduta Palembang. Adapun bidang kompetensi yang dijadikan substansi sertifikasi kompetensi asesor merujuk pada program studi yang ada di Politeknik Akamigas Palembang yaitu : Teknik Analisis Laboratorium Migas (Operator Pengujian Air dan Operator Pengujian BBM Non-Penerbangan-Level II), Teknik Pengolahan Migas (Pressure Relieve Devices – level III), Teknik Eksplorasi Produksi Migas (Ahli Fluida Pengeboran – level IV), Teknik Pertambangan Batubara (Teknisi Pemetaan Tambang Terbuka-level III).

Kegiatan ini diikuti oleh 12 orang dosen tetap Politeknik Akamigas Palembang, yang nantinya akan ditetapkan sebagai asesor di bawah naungan LSP Politeknik Akamigas Palembang. Asesor tersebut bertugas menguji dan merekomendasikan calon alumni Politeknik Akamigas Palembang untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan keahlian yang dikeluarkan oleh LSP Politeknik Akamigas Palembang. Jadi, nantinya calon – calon alumni Politeknik Akamigas Palembang tidak hanya mendapatkan ijazah, tetapi juga mendapatkan sertifikat kompetensi keahlian sesuai dengan program studi masing – masing. Dalam pelatihan ini, peserta dibimbing oleh 2 orang Master Asesor dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yaitu, Sugiyanto, MBA, Ph.D, M. Asr dan Ir. Rajulisman, M. Asr. “Politeknik Akamigas Palembang merupakan kampus teknik pertama di Indonesia yang mempunyai LSP sendiri”. kata Sugiyanto, MBA, Ph.D, M. Asr di sela – sela kegiatan. Hal ini diaminkan oleh Nuning Heryati (Direktur PT. Tritama Olah Profesindo). Pada hari terakhir pelatihan, peserta melaksanakan uji kompetensi yang dinilai dan diawasi langsung oleh 2 orang master asesor dari BNSP (Senggono, M.Asr dan  Ir. Benny Bunyamin, M.Asr). Setelah mengikuti serangkaian proses uji kompetensi, akhirnya 12 orang dosen Politeknik Akamigas Palembang yang mengikuti proses sertifikasi kompetensi asesor, dinyatakan lulus uji kompetensi asesor.

Suasana Uji Kompetensi

Kegiatan ini ditutup secara resmi oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, SH., MM. Dalam sambutannya, dia sangat mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan tim pembimbing dari BNSP dan pihak penyelenggara dari PT. Tritama Olah Profesindo sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.