FIRE EXPLOSIVE DEMO

Praktek APAR menggunakan CO2

Di industri minyak dan gas (migas), aspek keselamatan mutlak diperlukan dan sangat diutamakan karena banyak pekerjaan di industri ini yang beresiko tinggi, terutama pekerjaan – pekerjaan yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran. Oleh karena itu, Departemen Health and Safety Environment (HSE) PT. Pertamina Refinery Unit III menggelar kuliah umum yang bertajuk “Fire Explosive Demo” bertempat di aula serbaguna Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Komperta Plaju (22 /10).

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 ini, dihadiri oleh Manajer HSE PT. Pertamina RU III (Yan Sukharial), PT. Pertamina RU III Public Relation (Yohana Margaretha), Fire Safety and Insurance Section Head (Fauzan Helmy), dan Senior Supervisor Fire Emergency and Respon (Syamsul Danil) beserta jajaran pimpinan pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dalam sambutannya mengatakan bahwa Politeknik Akamigas Palembang menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh HSE Pertamina RU III dan mengucapkan terima kasih atas kesediaan instruktur yang akan memberikan materi berkaitan dengan fire safety beserta dengan demo penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). “Ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia – siakan karena merupakan added value bagi diri anda”. Kata Muchtar Luthfie kepada mahasiswa/I Politeknik Akamigas Palembang. Senada disampaikan oleh Manajer HSE PT. Pertamina RU III, Yan Sukharial, “Anda akan diberi wawasan mengenai karakteristik dan sifat – sifat api serta demo penggunaan Alat Pemadam Api Ringan” ujar Yan Sukharial yang sekaligus membuka secara resmi acara ini.

Suasana Demo di dalam Ruangan

Dalam paparannya, Senior Supervisor Fire Emergency and Respond, Syamsul Danil, memberikan gambaran yang gamblang mengenai karakteristik api, sifat – sifat api, penanggulangan apabila terjadi bahaya api, sampai dengan demo Alat Pemadam Api Ringan. Mahasiswa/I Politeknik Akamigas Palembang terlihat begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan ketika pemberian materi dan begitu semangatnya mahasiswa/I ketika demo penggunaan APAR.