GELAR PELATIHAN TAMBANG ONLINE : Undang Ahli Tambang Batubara Bawah Tanah JEPANG

 

Politeknik Akamigas Palembang kembali menegaskan komitmennya untuk terus memberikan yang terbaik dalam rangka peningkatan mutu dan kompetensi lulusannya melalui berbagai pelatihan.  Walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid19, Politeknik Akamigas Palembang tetap memberikan pelatihan yang dilaksanakan secara daring kepada mahasiswa/i khususnya Program Studi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang bertajuk “Diseminasi dan Pelatihan Teknologi Keselamatan Tambang Batubara Bawah Tanah” yang merupakan Kerjasama antara  Program Studi Teknik Pertambangan Batubara, Politeknik Akamigas Palembang dengan Pusat Penelitian Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral dan Batubara (PPSDM GMB) yang menghadirkan Japan Oil Gas and Metal National Corporation (JOGMEC), Mitshui Matshushima Resources (MMR) dan Akademisi dari Kyushu University Japan sebagai pemateri.

Kegiatan yang sudah terjalin selama 8 tahun ini bertujuan memberikan pelatihan mengenai Teknologi Keselamatan, Lingkungan, dan Preparasi Batubara Tambang Bawah Tanah serta Analisis Jaringan Ventilasi (Kazemaru) pada mahasiswa/i semester 3, Program Studi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang. Ini merupakan bentuk komitmendan upaya Politeknik Akamigas Palembang dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap berkarir sebagai professional di bidang industri Pertambangan Batubara khususnya tambang bawah tanah.

Diseminasi dan Pelatihan berlangsung selama 4 hari (16 – 19 November 2020) dipimpin langsung oleh MMR Leader (Mr. Yoshihisa SHIMODA) beserta 3 orang anggota tim (Mr. Shinji TOGAWA, Mr. Atsushi KAKIZAKI,  Mr. Tsutomu TANAKA) serta seorang Professor dari Kyushu University Japan (Prof. Kikuo Matsui, Ph.D. – Professor of Mining System Engineering).  Pelaksanaannya dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi teleconference Zoom Meeting.

Direktur Politeknik Akamigas Palembang sangat mengapresiasi kesediaan tim ahli dari JOGMEC, MMR dan Kyushu University Japan untuk memberikan Pelatihan dan kuliah secara daring bagi Mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang, khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Batubara dan mengucapkan terima kasih kepada Pusat Penelitian Sumber daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara (PPSDM GMB) karena telah memberikan kesempatan ini . “Pelatihan ini merupakan sebuah kesempatan berharga yang harus dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk dapat menyerap semua materi yang diberikan oleh pemateri yang merupakan tenaga expert bidang teknologi tambang batubara bawah tanah dari Jepang untuk meningkatkan kompetensi khususnya di bidang Pertambangan Batubara, kondisi pandemi tidak menjadi penghalang karena ini bisa terselenggara secara online”. ujar Hj. Amiliza Miarti yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.