GM PERTAMINA EP ASSET 2 : INDUSTRI MIGAS SANGAT VITAL DAN STRATEGIS

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap berkarir sebagai professional di industri migas, Politeknik Akamigas Palembang selalu berupaya untuk memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang dunia industri migas kepada mahasiswa/i-nya. Hal ini tergambar dalam kuliah umum bertajuk “Kegiatan Industri Migas Hulu” yang digelar pada hari Sabtu (3/10) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Dalam kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang mengundang Ir. H. Ekariza, MM. – General Manager PT. Pertamina EP Asset 2 sebagai pembicara.Peserta Kuliah UmumPenyerahan Cendera Mata

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas dan Teknik Analisis Laboratorium Migas semester 1 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang –  H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Ir. H. Ekariza, MM., untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang gambaran industri migas, khususnya bidang perminyakan hulu.

Dalam paparannya, Ir.H. Ekariza, MM. memberikan gambaran yang gamblang mengenai kegiatan hulu migas (eksplorasi dan eksploitasi) juga mengenai kegiatan hilir migas (pengolahan, transportasi, dan niaga). Selanjutnya beliau juga menjelaskan tentang regulasi bidang migas (UU No.22 Tahun 2001), bagi hasil migas, regulasi mengenai sumur tua, sampai dengan prospek kerja dunia migas. “Kegiatan ini sekaligus untuk memberikan sosialisasi mengenai kegiatan industri migas kepada masyarakat, khususnya mahasiswa” Kata Ekariza. Lebih lanjut dia menjelaskan industri migas merupakan kegiatan yang strategis dan vital yang memberikan manfaat besar bagi pembangunan nasional dan daerah sehingga diharapkan peran serta masyarakat untuk mendukung agar kegiatan eksplorasi dan eksploitasi migas dapat berlangsung dengan lancar. Para Peserta nampak begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat sesi tanya jawab.

Foto Bersama

Akhirnya, acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pembicara yang dilakukan langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memberikan wawasan mengenai gambaran dunia migas khususnya kegiatan perminyakan hulu-hilir dan bisnis migas pada mahasiswa/i  Politeknik Akamigas Palembang.