KULIAH UMUM ASST. MANAGER PT. ECOGREEN OLEOCHEMICALS

Foto Bersama 3

Palembang – Upaya menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas yang siap terjun di dunia industri terus menerus dilakukan oleh Politeknik Akamigas Palembang. Hal ini tergambar dalam kuliah umum yang bertajuk “Kiat Sukses dalam Mencari dan Mendapat Pekerjaan” yang digelar pada hari Rabu (11/6) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang mendapatkan kunjungan Assistant Manager Human Resource Departmen (HRD) PT. Ecogreen Oleochemicals, Felix Effendy, S.T., MBA yang sekaligus menjadi pembicara pada kuliah umum kali ini.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i tingkat akhir prodi Teknik Analisis Laboratorium Migas dan Teknik Pengolahan Migas ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Satuan Pengawasan Internal  M. Ali Malik, S.T. mewakili Direktur Politeknik Akamigas Palembang dan dihadiri oleh jajaran pimpinan, dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, M. Ali Malik, S.T.  menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan Assistant Manager HRD PT. Ecogreen Olechemicals, Felix Effendy, ST., MBA ke Politeknik Akamigas Palembang dan sekaligus memberikan kuliah umum pada mahasiswa/i Politeknik Akamigas Palembang.

Foto Bersama 2

Dalam paparannya, Felix Effendy, S.T., MBA. memberikan gambaran yang gamblang mengenai dunia industri di Indonesia. Beliau mengatakan bahwasanya pada tahun 2015, Indonesia akan memasuki era pasar bebas di mana lalu lintas bisnis, modal, dan tenaga kerja antar negara terutama negara – negara kawasan ASEAN akan menjadi lebih mudah dan lebih terbuka secara birokrasi.  Hal ini tentunya akan membuat iklim persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan menjadi lebih ketat karena tenaga kerja Indonesia tidak hanya bersaing dengan sesama tenaga kerja Indonesia, tetapi juga dengan tenaga kerja dari negara lain terutama negara – negara ASEAN. Saat ini jumlah angkatan kerja Indonesia adalah 120 juta orang dan menempati urutan ke-121 dunia untuk tingkat produktivitas tenaga kerja. Selain itu, beliau memberikan beberapa tips untuk sukses mendapatkan pekerjaan kepada mahasiswa/I tingkat akhir Politeknik Akamigas Palembang, dari memilih tempat kerja, mengenali bakat yang dimiliki, mengetahui bidang kerja yang diminati, mempersiapkan CV yang “menjual” sampai dengan mempersiapkan diri dengan baik untuk proses seleksi.

Akhirnya, acara ini ditutup dengan prosesi pemberian cendera mata kepada pembicara yang dilakukan oleh Kepala Satuan Pengawasan Internal, M. Ali Malik, S.T. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat memberikan wawasan pada mahasiswa/I tingkat akhir Politeknik Akamigas Palembang tentang dunia industri Indonesia dan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin untuk menghadapi era pasar bebas pada tahun 2015 mendatang.