KULIAH UMUM BERSAMA SKK MIGAS – CONOCO PHILLIPS

Suasana Kuliah Umum

Di akhir semester Ganjil T.A 2020/2021, Prodi Teknik Eksplorasi Migas tak hentinya membuat gebrakan dengan membuat lagi agenda kuliah umum bersama SKK Migas – Conoco Phillips Grissik, Ltd, hari jum’at tanggal 26 Maret 2021. Acara bertema Kuliah Umum : “Sosialisasi dan Edukasi Perkembangan Hulu Migas Wilayah Sumatera Bagian Selatan”. Acara tersebut berlangsung secara virtual yang di pandu oleh MC Mb Tania Dwi Adinda (Selaku Presenter PalTv) dan Mas Wilga Emilson (Selaku Perwakilan Dompet Dhuafa Wilayah Sumatera Selatan).

Dalam acara virtual tersebut, Kata Sambutan langsung disampaikan oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang Ibu Hj. Amiliza Miarti, S.T., M.Si yang mana beliau sangat apresiasi atas kunjungan pihak Conoco Phillips Grissik, Ltd karena mau berbagi ilmu dan sharing pengalaman kepada mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang khususnya kepada mahasiswa Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas (Jurusan Teknik Perminyakan), Prodi Teknik Pengolahan Migas dan Prodi Teknik Analsis Laboratorium Migas (Jurusan Teknik Kimia) agar bisa memperoleh pemahaman dan ilmu pengetahuan untuk bekerja di sektor hulu minyak maupun gas bumi. Dan bisa melaksanakan kerjasama dengan pihak SKK Migas Sumbagsel dan KKKS Conoco Phillips Grissik, Ltd nantinya dalam rangka peningkatan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi Politeknik Akamigas Palembang.

Pemateri & judul pada agenda Kuliah Umum secara virtual ini di sampaikan oleh :

  1. Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumatera Selatan Bapak Andi Arie Pangeran (Kegiatan dan Eksploitasi Hulu Migas).
  2. Manager CSR & Communication CPGL Bapak Adjie Suryaningrat (Program Pemberdayaan Masyarakat Di Wilayah Operasional).

Dalam paparan materi 1, bahwasanya SKK Migas Wilayah Sumbagsel sebagai penyambung tangan Pemerintah Pusat terhadap proses kegiatan eksplorasi maupun eksplotasi minyak dan gas bumi yang terjadi khususnya di Wilayah Kerja Sumatera Bagian Selatan dalam hal mengontrol maupun mengawasi proses tersebut.

Dalam paparan materi 2 di sampaikan bahwasanya KKKS Conoco Phillips Grissik, Ltd konsen terhadap lapangan gas yang di hasilkan dan pemberdaya hubungan antara masyarakat sekitar dengan  wilayah kerja operasional. Salah satu contoh dengan pengembangan bisnis kebun karet, bantuan dana pendidikan dan program pengembangan pendidikan terhadap masyarakat di sekitaran Musi Banyuasin.

Mahasiswa yang mengikuti kuliah umum secara daring maupun offline ini berjumlah 200 orang yang terdiri dari : 58 orang (offline) mahasiswa Prodi TEP semester 2, 10 orang (offline) mahasiswa Prodi TLM semester 2, 10 orang (offline) mahasiswa Prodi TPM semester 2, 57 orang (online) mahasiswa Prodi TEP semester 4, 65 orang mahasiswa Prodi TEP semester 6.

Selain mengikuti kuliah umum secara daring, tak lupa pula di adakan Games Kahoot yang di pandu oleh Pak Eka Prihatono.

Dan peserta yang masuk rangking 1-15 pada Games Kahoot akan mendapatkan hadiah menarik dari panitia. Dan 10 peserta terpilih pada sesi Q n A juga akan mendapatkan hadiah yang menarik dari panitia, dalam hal ini pihak dari Conoco Phillips Grissik, Ltd.

Tak lupa pula foto bersama dan pemberian Momentous oleh Politeknik Akamigas Palembang selaku tuan rumah kepada SKK Migas Wilayah Sumbagsel dan KKKS Conoco Phillips Grissik, Ltd.

Mahasiswa cukup semangat dengan materi yang disampaikan, ditambah lagi dengan adanya sesi kuis dan sesi Q n A yang di tampilkan serta hadiah yang sudah disiapkan oleh panita.

Sebagai penutup, semoga kita bisa menjaliin hubungan kerjasama lagi dengan Pihak Conoco Phillips Grissik, Ltd.

.