KULIAH UMUM BIDANG PERMINYAKAN HILIR

DSC_0383Sumber daya energi di Sumatra Selatan begitu melimpah ruah., antara lain : minyak dan gas bumi, batubara dan geothermal. Oleh karena itu, Politeknik Akamigas Palembang tidak henti – hentinya berupaya memberikan ilmu dan wawasan kepada mahasiswa/i-nya tentang dunia energi, terutama industri migas dan batubara. Hal ini tergambar dalam kuliah umum yang bertajuk “Bidang Perminyakan Hilir” yang digelar pada hari Rabu (23/10/13) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan narasumber Ir. H. Syahriar RK, M.Sc. – Auditor SPPBE Jabodetabek Dit M & T PT. Pertamina.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Analisis Laboratorium Migas (TLM) dan Teknik Pengolahan Migas (TPM) semester 1 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dan dihadiri oleh dosen serta staff Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Bapak Ir. H. Syahriar RK, M.Sc., untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang gambaran kegiatan hilir migas.

Dalam paparannya, Bapak Ir. H. Syahriar RK, M.Sc., memberikan gambaran yang gamblang mengenai kegiatan perminyakan hilir, mulai dari proses distilasi minyak mentah hingga menjadi Produk Pertamina siap pakai seperti, bensin, solar, aspal, avtur dan sebagainya. Selain itu, Beliau juga memberikan wawasan kepada mahasiswa mahasiswi Politeknik Akamigas Palembang mengenai kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia migas terutama kegiatan perminyakan hilir agar setiap mahasiswa dan mahasiswi dapat menyiapkan dirinya secara serius selama dididik di Politeknik Akamigas Palembang, sehingga dapat menjadi professional yang dapat bersaing di dunia migas nantinya.

Foto Bersama (2)

Akhirnya, acara ini ditutup dengan pemberian cinderamata kepada pembicara yang dilakukan langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Melalui kegiatan ini, harapannya dapat membuka wawasan mahasiswa/i baru Prodi TLM dan TPM tentang kegiatan hilir migas dan pentingnya mengelola sumber daya energi yang melimpah ruah di Sumatra Selatan ini