KULIAH UMUM : Gambaran Umum Kegiatan Pertambangan Batubara

Politeknik Akamigas Palembang tidak henti – hentinya berupaya memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang dunia industri pertambangan batubara kepada mahasiswa/i-nya untuk menciptakan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap berkarir sebagai professional di industri batubara. Hal ini tergambar dalam kuliah umum bertajuk “Gambaran Umum Kegiatan Pertambangan Batubara” yang digelar hari Selasa (22/10/13) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan narasumber Ir. Rachmat Saleh, MT. Dari Pusat Pendidikan Latihan Mineral dan Batubara (Pusdiklat Minerba) Kementerian ESDM RI. Ini merupakan bentuk konkrit dari perjanjian kerja sama yang telah ditandatangani antara Politeknik Akaigas Palembang dan Pusdiklat Minerba Bandung.

DSC_0143

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara semester 1 ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH.MM., dan dihadiri oleh dosen serta staff Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan Bapak Ir. Rachmat Saleh, MT., untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang gambaran industri tambang batubara.

Dalam paparannya, Ir. Rachmat Saleh, MT. memberikan gambaran yang gamblang mengenai kegiatan pertambangan batubara, potensi tambang batubara di Indonesia, Sumber daya dan cadangan batubara di Indonesia, dan kebijakan harga batubara. Selanjutnya beliau juga menjelaskan tentang regulasi bidang tambang mineral dan batubara (UU. No.4 Tahun 2009), badan – badan pemerintah yang mempunyai otoritas, izin pembukaan tambang batubara hingga prospek kerja pada industri tambang batubara. Mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara begitu antusias mengikuti kuliah umum ini, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan pada saat kuliah berlangsung.

DSC_0127

Pengalaman narasumber dibidang pertambangan batubara, sudah tidak diragukan lagi. Sebelum aktif di Pusdiklat Minerba, beliau pernah menjadi staf Dinas Perencanaan dan Eksplorasi di PN. TABA (kini PTBA), staf Aplikasi Teknik pada Pusat Pengembangan Teknologi Mineral (PPTM), Counterpart Bank Dunia untuk proyek pengembangan cadangan batubara sumbagsel, dan Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto. Disela-sela kesibukannya, beliau masih menyempatkan diri menulis beberapa buku, diantaranya Industri dan Permasalahan Batubara (2011) dan Pengantar Perencanaan Eksplorasi Batubara (2012). Pada kesempatan tersebut beliau juga memberikan buku-buku karyanya untuk Politeknik Akamigas Palembang.

Kuliah umum yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya untuk mahasiswa/i baru Prodi Teknik Pertambangan Batubara ini, bertujuan memberikan wawasan mengenai gambaran dunia tambang, khususnya tambang batubara sehingga dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa/i baru Prodi Teknik Pertambangan Batubara agar dapat meningkatkan kemampuan serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan batubara.

Foto Bersama 2