KULIAH UMUM : HADIRKAN EXPERT PENAMBANGAN BATUBARA

Antusiasme Mahasiswa

Politeknik Akamigas Palembang tidak henti – hentinya berupaya memberikan pembinaan serta pembekalan ilmu dan wawasan tentang dunia industri pertambangan batubara kepada mahasiswa/i-nya untuk menciptakan sumber daya manusia handal dan berkualitas yang siap berkarir sebagai professional di industri batubara. Hal ini tergambar dalam kuliah umum bertajuk “Manajemen dan Komponen Biaya Penambangan Batubara” yang digelar hari Jum’at (28/3/14) bertempat di aula serbaguna Politeknik Akamigas Palembang Komperta Plaju. Pada kesempatan ini, Politeknik Akamigas Palembang menghadirkan narasumber Agus Santoso, S.T.,M.M. – General Operation Manager / Kepala Teknik Tambang PT. Beringin Jaya Abadi. Turut hadir mendampingi narasumber, Rio Andrea Prabowo, S.T. – Manager Produksi PT. Petrosea, Tbk site Kideco Jaya Agung, Kaltim.

Acara yang dihadiri oleh mahasiswa/i Prodi Teknik Pertambangan Batubara ini, dibuka secara langsung oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M. dan dihadiri oleh dosen serta staff pengelola Politeknik Akamigas Palembang. Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan narasumber untuk datang dan memberikan materi kuliah umum tentang gambaran industri tambang batubara.

Kuliah umum ini diawali dengan paparan mengenai faktor teknis yang menunjang ketercapaian produksi tambang dan gambaran kondisi pekerjaan yang ada di lapangan seperti teknologi yang digunakan (miningtools), akses jalan yang digunakan dan teknologi pengangkutan, sampai dengan manajemen sumber daya manusia (human resources) yang disampaikan oleh Rio Andrea Prabowo, S.T. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Agus Santoso, S.T., M.M. mengenai manajemen penambangan batubara untuk me-manage 5M (Man, Method, Material, Machine, dan Money), serta penjelasan tentang komponen-komponen biaya penambangan batubara yang meliputi biaya tetap (fix cost) dan biaya tidak tetap (variable cost)..

Kuliah umum ini, bertujuan memberikan wawasan mengenai gambaran pekerjaan di dunia tambang, khususnya tambang batubara sehingga dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa/i baru Prodi Teknik Pertambangan Batubara agar dapat meningkatkan kemampuan serta kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri pertambangan batubara.

Sumber : Sumeks