Kunjungan ke PT. PDSI Prabumulih

PT. PDSI & POLTEK AKAMIGAS PALEMBANG

Guna memperkaya pengetahuan sekaligus wawasan dalam bidang Eksplorasi Produksi minyak dan gas bumi langsung dilapangan. Politeknik Akamigas Palembang kembali melakukan kunjungan lapangan (Field Trip) ke PT. Pertamina EP Region Sumatera. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari kamis (27/01) dgn diikuti 39 orang mahasiswa semester awal yang semuanya dari Program Studi Teknik Eksplorasi & Produksi Migas. Adapun diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa lebih mengenal dunia perminyakan khususnya kegiatan Eksplorasi Produksi serta menjadi sarana untuk mengsinkronkan antara teori dan praktikum yang didapat di bangku kuliah dengan kondisi langsung yang ada  dilapangan.

K. Moh. Ade Isnaeni, ST

Turut serta dalam kegiatan tersebut Direktur Politeknik Akamigas Palembang yang diwakili M. Ali Malik, ST (Staf Yayasan Karya Bangsa), beserta Ketua Program Studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas  K. Moh Ade Isnaeni, ST dan stafnya Hendra Budiman, S.Si sedangkan dari pihak Pertamina EP Region Sumatera dihadiri Manajer Perencanaan & Manajemen Bisnis Ir. H. Ekariza, MM, Asisten Manajer Humas Bambang Budi Utomo, serta ahli Geologi & Geofisika Ir. Irzal. Sebelum memulai kunjungan kelapangan mahasiswa terlebih dahulu mendengar paparan pengenalan kegiatan eksplorasi dan produksi migas dari PT. Peramina EP Region Sumatera sekaligus mendapat safety induction yaitu pengenalan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada keadaan atau dalam kondisi darurat oleh Bapak Tujuan Silaen (HSE).

Sumur Produksi

Pada pelaksanaan kunjungan lapangan semua lokasi yang dikunjungi berada dibawah pengelolaan PT. Pertamina EP Region Sumatera, awalnya mahasiswa diajak untuk mengunjungi tempat penampungan awal minyak dari sumur produksi di Stasiun Pengumpul Prabumulih Barat (SP. PMB), kemudian bergerak menuju lokasi sumur produksi yang menggunakan teknologi electric submersible pump, dilanjutkan ke lokasi sumur pemboran di Rig N 80 B1/ 27 di bawah pengawasan PT. PDSI yang jaraknya tidak terlalu berjauhan dengan lokasi sebelumnya, terakhir rombongan menuju fasilitas Pusat Pengumpulan Produksi (PPP) dimana produksi minyak dari seluruh Stasiun Pengumpul (SP) dikumpulkan untuk kemudian ditransportasikan ke PT. Pertamina Refinery Unit (RU) III Plaju.

Kunjungan ditutup dengan ucapan terima kasih dari pihak Politeknik Akamigas Palembang disertai harapan agar  kegiatan ini bermanfaat bagi semua yang terlibat dan kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan lagi kedepannya.