MAHASISWA PRODI TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARA PRAKTEK GEOLOGI LAPANGAN

IMG_20160528_095643_HDR

Sabtu, 28 Mei 2016, Mahasiswa/i dari Prodi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang melaksanakan Studi Geologi Lapangan ke lokasi Air Batu dan Sukomoro yang berlokasi di km 20 Kota Palembang. Studi Geologi Lapangan ini  merupakan bagian dari mata kuliah geologi lapangan yang diberikan pada mahasiswa prodi teknik pertambangan semeseter dua. Ada beberapa lokasi yang dijadikan tempat studi geologi lapangan antara lain; jembatan pegayut, daerah penambangan di Airbatu dan daerah perumahan sukomoro. Studi Geolofi Lapangan ini menghadirkan Dr. Budhikuswansuilo Ketua IAGI (ikatan Ahli Geologi Indonesia) Cabang Sumatera Selatan sebagai praktisi yang memberikan pengarahan kepada mahasiswa. 

Lokasi pertama berada di sungai  di  Jembatan Pegayut, di lokasi pertama ini akan dijelaskan mengenai rekayasa pembentuan batubara di area yang dianggap memiliki morfologi dan lingkungan yang dapat membentuk batubara.

IMG_20160528_102827_HDR

Lokasi kedua berada di daerah penggalian air batu dan sukomoro. pada lokasi kedua ini terdapat beberapa pemberhentian yang direncanakan untuk penjelasan geologi lapangan meliputi sistem sungai, lingkungan pengendapan sedimen, karakteristik batuan di wilayah pembentukan sungai, struktur geologi sekunder dan primer yang berada pada area tersebut.

23

Rombongan mahasiswa prodi teknik pertambangangan batubara selesai melaksanakan studi geologi lapangan pada 3 lokasi pengamatan dalam satuhari, selanjutnya hasil pengamatan akan dibuat dalam bentuk laporan dan diserahkan kepada dosen mata kuliah geologi lapangan untuk dievaluasi.