MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARA GOES TO PPSDM GEOMINERBA

PEMBUKAAN DIKLAT PERTAMBANGAN BATUBARA (OPEN PIT COAL MINING) di PPSDM GEOMINERBA Senin, 15 Maret 2021

Acara DIKLAT ini diawali dengan pembukaan secara langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara (PPSDM GEOMINERBA) oleh bapak M.P. Dwinugroho. Dari PPSDM GEOMINERBA kegiatan ini turut dihadiri bapak Yudi Pratama Koodinator Program dan Evaluasi, bapak Adi Hidayat Koordinator Penyelenggara dan Sarpras Pengembangan SDM, bapak Ambardi Sukmana Sub Koordinator Program, bapak Suherman Remana Sub Koordinator Penyelenggara dan Sarpras Pengembangan SDM, dan bapak Basuki Rachmat Sub Koordinator Sarpras dan Informasi. Kegiatan ini juga dihadiri Pimpinan Politeknik Akamigas Palembang. Pada kesempatan ini, Direktur Politeknik Akamigas berhalangan hadir dan diwakili kepada bapak M. Ali Malik, S.T. Wakil Direktur Bidang Administrasi Umum dan Keuangan. Untuk pimpinan lainnya yang hadir antara lain bapak M. Ikbal Aziz, S.E., M.Si. Wakil Direktur Bidang Akademik, bapak Roby Cahyadi, S.T., M.T. Wakil Direktur Bidang Kemahasiaswaan, bapak Kemas Moh. Ade Isnaeni, S.T., M.T. Wakil Direktur Bidang Kerjasama dan Humas, ibu Lina Rianti, S.T., M.T. Ketua Program Studi Teknik Pertambangan Batubara, bapak Edwin Harsiga, S.T., M.T. Kepala Bagian Kemahasiswaan, dan pendamping mahasiswa.

Ini merupakan diklat pertama kali bagi mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang khususnya Program Studi Teknik Pertambangan Batubara yang dilaksanakan di luar pulau Sumatera.

Pada pembukaan diklat kali ini, bapak M. Ali Malik menyampaikan sambutannya mewakili Direktur Politeknik Akamigas Palembang. Mengawali sambutannya, disampaikan permohonan maaf dari direktur karena tidak dapat hadir disebabkan adanya musibah. Berikutnya
Politeknik Akamigas Palembang menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kerjasamanya sehingga program pendalaman keilmuan tambang terbuka pada tambang batubara dapat terlaksana dengan lancar. Selama ini sudah terjalin kerjasama, sehingga kerjasama dengan PPSDM GEOMINERBA bukanlah hal pertama kali yang dilakukan oleh Politeknik Akamigas Palembang. Program kerjasama lainnya yang sudah dilaksanakan seperti Pendalaman Matakuliah Praktik Tambang Bawah Tanah di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto, Diklat Mahasiswa untuk Pekerja Tambang Bawah Tanah di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto, Diklat bagi dosen di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto, Pelatihan Teknologi Keselamatan Tambang Bawah Tanah oleh Mitsu Matsushima Resources (MMR) Jepang-JOGMEC (Japan Oil, Gas and Metals National Corporation), dan Pelatihan Dosen untuk Tambang Bawah Tanah di Jepang serta pelaksanaan acara kuliah umum dan seminar dengan menghadirkan narasumber dari PPSDM. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah kompetensi mahasiswa dibidang tambang batubara dan juga dilaksanakan untuk bidang migas juga. Dalam sambutannya, disampaikan permohonan maaf apabila kehadiran dan kunungan yang dilakukan mengganggu dan merepotkan semua pihak. Harapannya semoga kerjasama ini dapat berjalan lancar, sukses sampai gelombang 3 dan dapat terus terlaksana ditahun-tahun berikutnya. Diakhir sambutannya dipesankan kepada para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, niat ikhlas karena Allah, disiplin dan proaktif.

Berikutnya dilanjutkan dengan sambutan dari PPSDM. Dalam sambutannya, Ka. PPSDM GEOMINERBA menyampaikan menyambut baik penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara PPSDM GEOMINERBA dan Politeknik Akamigas Palembang. Ditengah pandemi dan padatnya jadwal diklat di PPSDM GEOMINERBA, Politeknik Akamigas Palembang bisa mengikuti kegiatan diklat di PPSDM GEOMINERBA tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Kegiatan kerjasama dan diklat ini sudah sangat tepat dilakukan di PPSDM tertutama oleh Program Studi Teknik Pertambangan Batubara karena cadangan batubara akan habis sekitar 50 tahun lagi sehingga perlu adanya wawasan dan keilmuan tentang hilirisasi batubara untuk memaksimalkan batubara tersebut. Pada saat site visit, mahasiswa akan diperkenalkan hilirisasi batubara seperti briketisasi, gasifikasi batubara dan pencairan batubara sesuai dengan program pemerintah saat ini. Sehingga akan menambah wawasan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang, tidak hanya kompetensi di hulu pertambangan batubara saja tetapi sampai ke hilir. Untuk diklat kali ini karena sangat langka bisa dilaksanakan secara offline mengingat dalam kondisi pandemi Covid19, maka akan diberikan materi-materi tambahan diluar materi yang ada dalam agenda acara (adanya tambahan materi penggunaan drone untuk survey dan pengenalan SIG).

Penandatanganan PKS oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang dan Ka. PPSDM GEOMINERBA

Dengan dilakukannya kerjasama ini, diharapkan akan semakin banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

 

Penyerahan Cinderamata dari Politeknik Akamigas Palembang ke PPSDM GEOMINERBA

 

Penyerahan Cinderamata dari PPSDM GEOMINERBA ke Politeknik Akamigas Palembang

 

Foto Bersama Setelah Penandatangan MoU

 

Semua Peserta Terlihat Semangat dan Bahagia Sebelum mengikuti Materi

 

Peserta Fokus Mengikuti Penjelasan Materi dari Instruktur

 

 

Suasana Belajar Praktik Perangkaian Bahan Peledak bersama bapak Dr. Wanda Adinugraha, M.T.