PELATIHAN TEKNOLOGI KESELAMATAN TAMBANG BAWAH TANAH OLEH MMR JAPAN COAL DAN AKADEMISI KYUSHU UNIVERSITY

Komitmen Politeknik Akamigas Palembang untuk mempersiapkan tenaga ahli madya di bidang migas dan  batubara yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri memang bukan hanya sekedar slogan belaka. Sebagai salah satu upaya untuk mengimplementasikan hal tersebut, Program Studi Teknik Pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang bekerjasama dengan Pusdiklat Minerba Kementerian ESDM RI mengadakan pelatihan Teknologi Keselamatan Tambang Bawah Tanah dengan pembicara dari Team Mitshui Matshushima Resources (MMR) Japan Coal dan akademisi dari Kyushu University.

DSC_0142

Kunjungan MMR Japan Coal  di kampus Politeknik Akamigas Palembang untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa Teknik Pertambangan Batubara selama 3 hari (13 – 15 Maret 2013) dipimpin langsung oleh MMR Leader (Yoshihisa Shimoda) beserta 9 orang anggota tim, serta Assistent Professor dari Kyushu University (Takashi Sasaoka, Ph.D). Selain itu juga disertai dengan kunjungan dari Pusat Pendidikan & pelatihan Mineral & Batubara (Pusdiklat Minerba) yang dipimpin oleh Kapusdiklat Minerba yang diwakili oleh Kabid. Program & Kerjasama     (Drs. Wawan supriatna, M.Pd.) beserta 2 orang staf. Kedatangan tim ini disambut oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang (H. Muchtar Luthfie, S.H., M.M.) berserta jajaran Wakil Direktur dan Ketua Program Studi. Turut hadir dalam acara pelatihan ini, Ketua Yayasan Karya Bangsa (Ir. H. Abdul Rozak, M.Sc).

Dalam sambutannya pada acara pembukaan, Direktur Politeknik Akamigas Palembang sangat mengapresiasi kunjungan dari Pusdiklat Minerba serta MMR Japan Coal dan Kyushu University untuk memberikan Pelatihan bagi Mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang, khususnya mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Batubara. “Diharapkan dengan pelatihan tersebut, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi dibidang teknologi keselamatan tambang bawah tanah serta terus terjalinnya kerjasama antara Politeknik Akamigas Palembang dengan Pusdiklat Minerba sebagai kelanjutan dari MoU yang sudah ditandatangani antara Politeknik Akamigas Palembang dengan Badan Diklat ESDM ” ujar Muchtar Luthfie.

Acara yang dilangsungkan mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 setiap harinya, berlangsung dengan baik dan lancar. Penyampain materi-materi pada pelatihan tersebut diberikan secara langsung oleh Team MMR Japan Coal dan akademisi dari Kyushu University secara bergantian. Adapun peserta yang ikut dalam pelatihan ini berjumlah 75 orang, selain diikuti oleh mahasiswa Teknik pertambangan Batubara Politeknik Akamigas Palembang, juga mengundang beberapa mahasiswa Teknik Pertambangan UNSRI.

Penambangan bawah tanah merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa Teknik pertambangan Batubara, mengingat tambang bawah tanah merupakan salahsatu mata kuliah inti pada program studi ini. Bahkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa tentang tambang bawah tanah, mahasiswa yang sudah mendapatkan matakuliah Teknik Tambang Bawah Tanah dapat mengikuti Diklat Teknisi Tambang Batubara Bawah Tanah di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sawahlunto, Sumatera Barat.

DSC_0193

DSC_0195

DSC_0180