PEMBEKALAN DAN SERTIFIKASI AHLI K3 UMUM

Foto Bersama 1

Usaha untuk mempersiapkan tenaga ahli madya di bidang migas dan batubara yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri terus-menerus diupayakan. Hal tersebut tercermin dari diadakannya Diklat Pembekalan dan sertifikasi Kompetensi Ahli Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) yang dilaksanakan oleh Politeknik Akamigas Palembang melalui Akamigas Competency Development Center  (ACDC) bekerja sama dengan PT. Surya Rezka Kurniawan (PT. SRK). Acara pembukaan  Diklat tersebut telah dilaksanakan pada hari Sabtu  (31/5)  di aula  Politeknik Akamigas Palembang yang diikuti oleh 55 peserta.

Hadir dalam pembukaan acara tersebut Direktur PT. Surya Rezka Kurniawan, Sudarmadi Is, S.E. selaku perusahaan jasa penyelenggara pembekalan K3 (PJK3), dan Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, SH.,MM. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Akamigas Development Competency Center (ACDC), M. Ali Malik, Jajaran Wakil Direktur, Ketua Program Studi beserta staff dan seluruh panitia pelaksana dari Politeknik Akamigas Palembang.

Foto Bersama 2

Diklat  Pembekalan K3 dilaksanakan selama 130 jam pelajaran sebelum nantinya peserta akan mengikuti uji kompetensi K3 yang dilaksanakan langsung oleh Direktorat K3 Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI. Materi pembekalan yang diberikan merupakan materi aplikatif sebagai penunjang kompetensi ahli K3 meliputi : Dasar – Dasar K3, Sistem Manajemen K3, K3 Mekanik, K3 Listrik, K3 Kontruksi, Manajemen Resiko, Job Safety Analysis, Aplikasi K3 Pertambangan & Perminyakan, Praktek K3, dll. Dan pada akhir pembekalan, peserta akan melakukan uji kompetensi meliputi : ujian tertulis, ujian seminar/presentasi dan praktek inspeksi pada perusahaan yang telah ditentukan.

Sudarmadi Is, S.E.dalam sambutannya saat pembukaan, mengharapkan para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini secara optimal. Sementara itu Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, S.H. MM. mengatakan, bahwasanya kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin diadakan oleh Politeknik Akamigas Palembang. “Hingga saat ini Politeknik Akamigas Palembang merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Sumsel yang telah melaksanakan kegiatan ini setiap tahun. Kami berharap agar kegiatan ini dapat memberikan added value kepada calon alumni Politeknik Akamigas Palembang yang nantinya akan bersaing di industri migas dan batubara,” papar Muchtar Luthfie.

Sumber : Sumeks