PRAKTIKUM DI PT. PERTA SAMTAN GAS

Pengarahan

Politeknik Akamigas Palembang terus berupaya untuk menciptakan tenaga vokasional yang siap berkarir sesuai dengan kebutuhan industri migas. Oleh karena itu, Mahasiswa/i Program Studi Teknik Pengolahan Migas (TPM) semester akhir melaksanakan praktikum lapangan bertempat di Kilang PT. Perta Samtan Gas, Sei Gerong Plaju. Kegiatan praktikum lapangan ini akan berlangsung selama satu bulan secara bertahap sesuai jadwal, selama rentang 11 – 28 November 2014.

                Pihak PT. Perta Samtan Gas menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan ini, hal ini merupakan bentuk konkrit dari kepedulian PT. Perta Samtan Gas terhadap dunia pendidikan. Dalam acara pembukaan (10/11), HSE Supervisor PT. Perta Samtan Gas, Rudi, menjelaskan secara gamblang mengenai profil PT. Perta Samtan Gas, plant overview, regulasi yang ada di PT. Perta Samtan Gas, sampai pada aturan – aturan yang berkenaan dengan safety. Mahasiswa tampak begitu antusias mendengarkan pejelasan yang disampaikan, tampak dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan,

                PT. Perta Samtan Gas merupakan join venture company antara PT. Pertamina Gas dan Samtan Co. Ltd. (perusahaan tambang asal Korea Selatan) yang memproduksi Liqufied Petroleum Gas (LPG).  Perusahaan ini berpusat di Jakarta dan mempunyai dua refinery plants, yaitu extraction refinery plant yang berlokasi di Prabumulih dan fractionation refinery plant yang berlokasi di Sei Gerong, Plaju.