PROSES WITNESS BNSP DI LSP POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG

Foto Bersama Manajemen LSP-PAP dan BNSPPada hari Rabu (9 Desember 2015) bertempat di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe Komperta Plaju Palembang, dilaksanakan Prosesi Witness Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Akamigas Palembang oleh tim dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ini merupakan tahap terakhir proses pembentukan LSP Politeknik Akamigas Palembang yang telah berlangsung selama ± 10 bulan yang dimulai dari Pengajuan Surat Permohonan Pendirian LSP, penyiapan dokumen & sertifikasi asesor kompetensi, dilanjutkan dengan Apresiasi Pimpinan Politeknik Akamigas Palembang ke BNSP, audit manajemen mutu, Full Assesment oleh tim dari BNSP, selanjutnya perbaikan ketidaksesuaian hasil Full Assesment dan terakhir Proses Witness oleh tim dari BNSP.

Prosesi Witness di salah satu TUK

Kedatangan Tim BNSP diwakili oleh, Drs. Sugiyanto, MBA, Ph.D. dan Bonardo Aldo Tobing, BSBA disambut oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang, H. Muchtar Luthfie, S.H., MM., Direktur LSP Politeknik Akamigas Palembang, M. Ali Malik, S.T dan segenap jajaran manajemen LSP Politeknik Akamigas Palembang. Witness adalah proses peninjauan langsung oleh Tim BNSP ke Kantor dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) LSP Politeknik Akamigas Palembang, serta melihat secara langsung prosesi sertifikasi yang dilakukan oleh asesor LSP Politeknik Akamigas Palembang, mulai dari penyerahan dokumen fortopolio asesi (peserta sertifikasi), wawancara, dan terakhir uji praktek sesuai dengan skema kompetensi masing – masing program studi. Adapun 5 skema kompetensi yang ada di dalam LSP Politeknik Akamigas Palembang terdiri dari :

  1. Operator Pengujian Air – Okupasi Nasional level 5 (Prodi Teknik Analisis Lab. Migas)
  2. Operator Pengujian BBM Non-Penerbangan – Okupasi Nasional level 5 (Prodi Teknik Analisis Lab. Migas).
  3. Pressure Relieve Devices – Okupasi Nasional level 5 (Prodi Teknik Pengolahan Migas).
  4. Ahli Fluida Pengeboran – Okupasi Nasional level 5 (Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas)
  5. Teknisi Pemetaan Tambang Terbuka – Okupasi Nasional level 5 (Prodi Teknik Pertambangan Batubara)

Serah Terima Lisensi LSP-PAP

Seperti yang dijelaskan oleh Drs. Sugiyanto, MBA, Ph.D, bahwa Politeknik Akamigas Palembang adalah kampus teknik pertama di Indonesia yang telah mempunyai LSP. Ini merupakan bentuk komitmen Politeknik Akamigas Palembang untuk terus berupaya menciptakan sumber daya manusia di bidang migas dan batubara yang mempunyai kompetensi dan diakui kompetensinya melalui sertifikasi  kompetensi yang sesuai dengan program studi yang ada di Politeknik Akamigas Palembang