SEMINAR ENERGI NASIONAL 2011

Puji syukur yang tak terhingga kami ucapkan kepada Allah Swt. atas kelancaran acara Seminar Energi Nasional yang telah dilaksanakan pada hari ini Sabtu, 16 Juni 2011 di gedung Patra Ogan Komplek Pertamina Plaju.

Seminar yang bertema “Optimalisasi Peran Sumber Daya Manusia Dibidang Energi Primer Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Potensi Energi Di Sumatera Selatan” terselenggara atas kerjasama antara Badan Diklat Kementrian ESDM dengan Politeknik Akamigas Palembang.

Tepat pada pukul 08.00 wib, Seminar Energi Nasional ini dimulai. Diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Politeknik Akamigas Palembang yang kemudian pidato Sambutan oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang – H. Muchtar Luthfie, SH., MM. Acara ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertambangan & Energi Sumatera Selatan – Robert Heri.

Dalam paparannya, Bapak Robert Heri memberikan uraian mengenai potensi energi yang ada di Sumatera Selatan dan juga beliau mengatakan bahwa industri migas merupakan industri yang memiliki resiko kecelakaan kerja tinggi dan juga pada modal serta padat kompetensi. Oleh sebab itu lanjut beliau, harus disusun standar kompetensi sumber daya kerja dalam bentuk sertifikasi yang diatur dalam peraturan Kementrian ESDM.

Acara Seminar Energi Nasional ini turut dihadiri oleh: Kepala Badan Diklat ESDM dan rombongan, Pimpinan dan manajemen PT. Pertamina UP III Plaju, Kepala BP Migas Perwakilan Sumbagsel, Manajemen PTBA dan tidak ketinggalan juga hadir Ketua Yayasan Karya Bangsa. Materi-materi Seminar Energi Nasional ini disampaikan oleh para praktisi migas dan batubara serta pembicara yang mewakili perusahan atau badan energi nasional yang diantaranya: Kepala Pusdiklat Minyak dan Gas bumi, Kepala BP Migas Perwakilan Sumbagsel, Kepala Balai Diklat Tambang Bawah Tanah, PT. Pertamina RU III Plaju, PT. Bukit Asam, Tbk. dan Dinas Pertambangan dan Energi Prov. Sumsel,  yang tentunya merupakan materi yang sangat relevan dengan kondisi energi yang ada dan berita terbaru mengenai keenergian di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Acara yang dibagi atas 2 sesi seminar ini menyediakan sesi tanya jawab yang merupakan kesempatan yang baik untuk para peserta untuk mendapatkan penjelasan dan pengetahuan terbaru mengenai energi Sumatera Selatan. Para peserta yang terdiri dari perwakilan perusahaan migas, perguruan tinggi di Sumatera Selatan dan Mahasiswa-Mahasiswi Politeknik Akamigas Palembang sangat antusias mengikuti setiap materi yang disampaikan oleh para pembicara. Tentunya materi yang disampaikan akan menjadi referensi penting bagi masyarakat khususnya para mahasiswa Politeknik Akamigas Palembang yang nantinya akan menjadi para profesional di bidang kenergian nasional.

Acara Seminar Energi ini ditutup dengan penyerahan sertifikat dan plakat kepada para pembicara yang diiringi oleh standing applause dari para peserta dan tamu undangan. Seminar Energi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian yang dipersembahkan untuk masyarakat melalui mereka yang nantinya memiliki potensi dan kepedulian untuk mengoptimalisasikan sumber daya alam Sumatera Selatan melalui optimalisasi sumber daya manusia. Seluruh panitia dan penyelenggaran acara Seminar Energi Nasional ini mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan, pembicara dan seluruh peserta acara. Semoga mendapatkan manfaat yang luar biasa dari acara ini.

Sampai jumpa pada acara Seminar Energi Nasional berikutnya. Salam Akamigas!