SEMINAR SUKSES MAGANG KE JEPANG

Tawaran bekerja di luar negeri tentu saja sangat menarik untuk dipertimbangkan, terutama untuk calon freshgraduate lulusan Politeknik Akamigas Palembang. Pertimbangan yang pertama tentunya adalah pendapatan dan fasilitas yang diterima oleh calon – calon pekerja yang akan bekerja di luar negeri. Selain itu, bekerja overseas tentunya akan memberikan pengalaman yang sangat berharga dalam hidup. Oleh karena itu, kali ini, Career Development Center Politeknik Akamigas Palembang (CDC-PAP) menggelar seminar bertajuk “Sukses Magang Ke Jepang”. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jum’at (24/5) bertempat di Kampus Politeknik Akamigas Palembang, Jl. Kebon Jahe, Komperta Plaju.

Pada kesempatan kali ini, CDC-PAP mengundang Kailani, A.Md, alumni yang telah sukses mengikuti program ini dan sekarang telah menjadi instruktur. Acara ini dihadiri oleh Direktur Politeknik Akamigas Palembang yang diwakili oleh Wakil Direktur Bidang Kerjasama, K. Moh. Ade Isnaeni, S.T., M.T beserta jajaran staff. “Ini adalah bentuk komitmen Kampus melalui CDC untuk memberikan kesempatan kepada calon alumni dan alumni yang belum bekerja agar dapat mengikuti program ini. Oleh karena itu, ikuti kegiatan ini dengan baik” Ungkapnya di sela-sela sambutan.

Dalam paparannya, Kailani menjelaskan secara gamblang tentang Program Magang ke Jepang ini. Ini merupakan program kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kemenakertrans) dan Pemerintah Jepang melalui IM JAPAN. Program ini sudah berjalan cukup lama, terbukti sudah lebih 300 angkatan yang telah berangkat untuk mengikuti program magang selama tiga tahun di Jepang. Untuk mengikuti program ini tentunya harus melalui beberapa tahapan tes antara lain : Tes Tertulis, Tes Kesehatan dan Fisik, dan Wawancara.

Persiapan menghadapi tes tersebut harus benar – benar matang, oleh karena itu Politeknik Akamigas Palembang ke depannya akan menyelenggarakan Pelatihan/Kursus Persiapan Pra-Tes Seleksi Program Magang Ke Jepang. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan, calon alumni dan alumni siap menghadapi tes tersebut dan mendapatkan hasil yang memuaskan.