STUDI EKSKURSI MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN BATUBARA POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG DI BALAI DIKLAT TAMBANG BAWAH TANAH (BDTBT) SAWAHLUNTO SUMATERA BARAT

Kegiatan Studi Ekskursi di Balai Diklat Tambang Bawah Tanah Ombilin Sawahlunto Sumatera Barat merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk Mahasiswa Semester IV Program Studi Teknik Pertambangan Batubara, Jurusan Teknik Pertambangan, Politeknik Akamigas Palembang. Kegiatan Studi Eksursi ini dilaksanakan setelah sebelumnya mahasiswa mengikuti Dikltat Pertambangan Tembuka (Open Pit Coal Mining Traning) di PPSDM GEOMINERBA beberapa hari yang lalu.
Kegiatan ini dimulai pada hari Selasa, 30 Maret 2021. Acara dibuka dengan diawali Laporan dari Panitia Penyelenggara, dilanjutkan dengan Sambutan dari Pimpinan Politeknik Akamigas Pelembang yang diwakili oleh ibu Ineke Febrina A., S.T., M.T., M.Si.. Selanjutnya dilanjutkan sambutan dari Pimpinan BDTBT Sawahlunto bapak Darius Agung Prata, S.T., M.KKK.
Penyematan Simbolis Tanda Peserta

Sambutan dari Politeknik Akamigas Palembang oleh ibu Ineke Febriana A., S.T., M.T., M.Si.

Sambutan dari BDTBT Sawahlunto Bapak Darius Agung Prata, S.T., M.KKK.
Penyerahan Cinderamata dari Politeknik Akamigas Palembang ke BDTBT Sawahlunto
Peserta Siap Mengikuti Pembukaan
Persiapan Peserta Sebelum memulai Materi
Persiapan Peserta Sebelum memulai Materi
Foto Bersama Tim Pengajar dan Penyelenggara
Peserta Mengikuti Materi di Kelas
Peserta Persiapan Menuju Lokasi Tambang
Peserta Tiba di Lokasi Tambang PT Allied Indo Coal Jaya
Safety Induction Tiba di Lokasi Tambang PT Allied Indo Coal Jaya
Pengarahan Sebelum Memasuki Tunnel Tambang Bawah Tanah
Suasana Tambang Terbuka PT Allied Indo Coal Jaya
Peserta Mengamati Lokasi Tambang
Praktik Pemboran untuk Penyanggaan dan Peledakan
Praktik Penyanggan
Praktik K3
Praktik Ventilasi
Kegiatan ini diikuti 52 Peserta dan dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa khususnya dibidang Tambang Bawah Tanah bagi mahasiswa Semester IV Program Studi Teknik Pertambangan Batubara dalam rangka mendalami matakuliah Praktikum Tambang Bawah Tanah. Peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Praktik yang dilaksanakan antara lain: Praktik Penyanggan, Praktik K3, Praktik Pemboran, Praktik Ventilasi dan Site Visit ke Perusahaan. Pelaksanaan kegiatan ini didampingi dosen dan pendamping, yaitu: ibu Ineke Febrina A., S.T., M.T., M.Si., bapak Edwin Harsiga S.T., M.T. dan bapak Achmad Tachrir, A.Md..
Semua peserta terlihat semangat mengikuti materi yang diberikan pengajar. Harapannya setelah mengikuti kegiatan pendalaman materi di sini, mahasiswa dapat mengetahui secara langsung bentuk, fungsi dan aplikasi dari perlatan serta teknologi yang ada di tambang bawah tanah.