STUDI GEOLOGI LAPANGAN PRODI TEP 2021

Mengawali perkuliahan di awal Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021,  Sabtu-10 April 2021, Program Studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas Politeknik Akamigas Palembang kembali mengadakan  kegiatan lapangan berupa Studi Geologi Lapangan (SGL) dengan jalur Palembang – Indralaya – Lahat.  Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap tahunnya ini diperuntukkan bagi mahasiswa/i Program Studi Teknik Eksplorasi Produksi Migas Politeknik Akamigas Palembang semester II, dan juga merupakan bagian dari Mata Kuliah Geologi Lapangan.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mempelajari bentang alam, bentuk morfologi, proses sedimentasi sebagai akibat proses dari alam, struktur maupun singkapan batuan di permukaan bumi, sekaligus sebagai tambahan dalam memperkaya pemahaman pada Mata Kuliah Geologi dan Petrologi.

Dalam pelaksanaannya, mahasiswa terlebih dahulu diberikan pengarahan dan teknis serta menjaga kesehatan dan imunitas tubuh, dengan tetap menerapkan standar Protokol Kesehatan Covid-19. Sebelum keberangkatan, para peserta kegiatan dilakukan pengecekan suhu terlebih dahulu, mencuci tangan dan diwajibkan menggunakan masker dan menjaga jarak di dalam kendaraan.

Beberapa titik pengamatan Geologi Lapangan yang diamati diantaranya di Gerbang KTM daerah Sungai Rambutan (Indralaya Utara), daerah Arahan (Merapi Timur), daerah Kebur (Merapi Barat) dan titik pengamatan terakhir di lakukan di daerah Tanjung Sirih (Pulau Pinang) kabupaten Lahat.

Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan Geologi Lapangan ini, mampu memberikan pemahaman ke mahasiswa, khususnya dibidang kegeologian yang merupakan mata kuliah dasar yang mendukung kegiatan eksplorasi migas.